Dua Merek Ini Kuasai Pasar Mobil Sedan di Indonesia

Mobil all new Honda City
Sumber :
  • Pius Yosep

VIVA – Pasar sedan di dalam negeri memang tak sebesar mobil keluarga, namun bukan berarti dilupakan. Ini terlihat dalam data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia. 

Terpopuler Otomotif: Harga Yamaha RX-King Bekas Akhir Tahun, Vespa Mickey Mouse Hadir di RI

Dalam data wholesales Gaikindo, tercatat penjualan sedan selama periode Januari-April 2018 sebanyak 2.734 unit. Kedua merek otomotif Jepang, Honda dan Toyota masih menguasai pasar ini.  

Di segmen mini sedan, Honda City berhasil terdistribusi dari pabrik ke diler sebesar 364 unit. Sementara, Toyota Vios hanya menorehkan angka 113 unit selama periode tersebut. 

Jadi Simbol Kesuksesan, Segini Harga Mobil Sedan Terbaru Desember 2023

Kemudian di kelas small sedan, Honda Civic laku 823 unit. Disusul dengan hadirnya Toyota Altis dengan perolehan penjualan sebanyak 192 unit.

Tak sampai di situ, di segmen medium sedan, kedua pabrikan itu juga berebut ceruk pasar sedan. Toyota Camry terjual sebanyak 390 unit, BMW 3-series laku 199 unit, Mazda 6 menorehkan angka 138 unit. 

Terpopuler Otomotif: Pemotor Kena Piting di Pom Bensin, Daftar Motor Matik dengan Bagasi Luas

Toyota Camry 2018. Ilustrasi.

Masih dalam segmen yang sama, Honda Accord jungkir balik dengan angka penjualan 56 unit. Padahal periode tahun lalu terjual 190 unit. 

Nissan mendistribusikan Teana hanya mencapai 8 unit dan pabrikan Audi hanya memasarkan tiga unit mobil sedannya seperti A3, A4 dan TT. Dengan data ini terlihat bahwa Toyota dan Honda berlomba merebut pasar sedan di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya