Terkuak, Taktik Culas Pedagang Mobil Bekas Jual Xpander

Mitsubishi Xpander.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mitsubishi Xpander memang menjadi kendaraan yang paling fenomenal sejak kemunculannya pada tahun lalu. Sebab, penjualannya meroket tajam hingga menyaingi mobil sejuta umat, Toyota Avanza di kelas Low Multi Purpose Vehicle.

Pengemudi Xpander Buat Ringsek Porsche Punya Masalah dengan Pemilik Showroom? Ini Kata Polisi

Karena untuk mendapatkan Xpander perlu inden yang lama, para pedagang mobil bekas pun sempat bermain curang. Caranya dengan membelinya dalam keadaan baru, ketika sudah dapat unitnya langsung dijual dengan harga yang lebih mahal.

Hal tersebut diakui oleh Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih. Ia mengatakan, trik seperti itu disebut pura-pura bekas dan sudah banyak terjadi. Biasanya cara ini dilakukan hanya untuk mobil dengan harga terjangkau, namun indennya paling lama.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

“Ada juga yang pura-pura bekas, jadi mobil baru langsung dijual lagi khusus untuk mobil-mobil yang inden. Jadi harganya up (lebih mahal dari baru) tapi langsung dapat unit. Contohnya Xpander baru pertama kali keluar begitu,” ujarnya kepada VIVA, Jumat 16 Mei 2018.

Ia mengklaim permainan nakal tersebut sudah tidak terjadi lagi lantaran mobil berkapasitas tujuh penumpang itu telah ada sejak 2017. Menurutnya, Xpander memang jarang terlihat dipajang di diler motor bekas, akan tetapi jika ada, Small MPV itu langsung ludes.

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

“Jarang bukan karena enggak ada, tapi cepat hilangnya. Jadi kelihatannya enggak ada. Kemarin saya lihat pagi masih ada, sore sudah laku. Karena mobil itu masih inden (peminatnya tinggi), pasarannya sekarang lebih turun Rp10 jutaan,” tuturnya.

Herjanto menegaskan, terkadang Xpander yang dibeli dari konsumen untuk dijual kembali belum sempat dipoles oleh pedagangnya. Namun sudah langsung terjual.

“Pokoknya patokannya setiap tiga bulan (pabrikan resmi menjual mobil tersebut) pasti sudah nongol di sini (WTC). Dari zaman dulu itu memang ajaib,” katanya.

Beriktu daftar harga Xpander baru 2018:

Xpander GLX MT: Rp197,1 juta

Xpander GLS MT: Rp215,6 juta

Xpander Exceed MT: Rp222,6 juta

Xpander Exceed AT: Rp233 juta

Xpander Sport AT: Rp245,2 juta

Xpander Ultimate AT: Rp253,4 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya