Seberapa Laris 'Baby Alphard' di Indonesia

Toyota Voxy.
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Ada fakta menarik soal selera masyarakat dalam memilih mobil keluarga. Ya, di Indonesia mobil keluarga dengan pintu geser nampak tak cukup kuat menggoda konsumen.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Padahal banyak agen pemegang merek yang menawarkan mobil keluarga kelas menengah dengan model pintu geser. Jika menyitat data wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setidaknya ada tiga produk di kelas ini, Toyota Voxy, Nissan Serena, dan Mazda 5.

Lantas bagaimana penjualannya di Indonesia sepanjang empat bulan awal di 2018? Toyota Voxy alias baby Alphard pada Januari dikirim sebanyak dua unit, kemudian Februari 658 unit, dan pada April lalu 311 unit. Sementara di bulan Maret 2018, Toyota Astra Motor mendapat suplai Voxy paling banyak, mencapai 702 unit.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Sementara pesaingnya, Nissan Serena mencatat penjualan wholesales rata-rata di angka 100-an unit. Januari 2018 mobil keluarga pintu geser tersebut dikirim sebanyak 129 unit, bulan berikutnya 104 unit, dan Maret 115 unit. Sementara di bulan April, hanya berada di angka 34 unit.

Jika dilihat dari dimensi bodi dan kapasitas mesin, produk pesaing Voxy lainnya adalah Mazda 5. Berdasarkan data Gaikindo, pada Januari 2018 tidak ada pengiriman unit dari pabrik ke diler Mazda. Di bulan berikutnya, tercatat sebanyak 18 unit, Maret satu unit, dan April 2018 sebanyak empat unit.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku
Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024