Xpander Jarang Dilirik Jadi Mobil Rental

Mitsubishi Xpander
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mudik ke kampung halaman menjelang Lebaran, sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia. Kebanyakan memilih menggunakan kendaraan sewaan.

Viral Driver Xpander Tabrak Porsche Disebut Buka Galang Dana, Ini Kata Kitabisa

Saat ini sudah banyak jasa penyewaan atau rental mobil yang bisa ditemui. Model kendaraan yang ditawarkan pun beragam, namun kebanyakan masih mengandalkan mobil keluarga. 

Namun jangan berharap untuk mencari tempat penyewaan Mitsubishi Xpander. Sebab, beragam alasan penyedia jasa untuk menjadikan multi purpose vehicle tujuh penumpang itu menjadi kendaraan sewaan. 

Segini Kecepatan Xpander saat Tabrak Showroom di PIK 2 hingga Buat Porsche Ringsek

Pemilik rental mobil, Sembodo Rent Car, Olive Tamas Jozsef, mengatakan tak kepikiran untuk membeli Xpander dan dijadikan mobil sewaan. Karena, tarif sewa akan sama dengan Kijang Innova 2017. 

Adapun biaya untuk menyewa Kijang Innova untuk mudik sekitar Rp700 ribu untuk model manual dan Rp750 ribu untuk versi otomatis. Tarif itu dipatok untuk penggunaan selama satu hari. 

Kolonel Herman Bantah Paspampres Halangi Marhan, Pekerjaan Pengemudi Xpander yang Tabrak Porsche

"Kalau rental yang biasa menyewakan mobil dengan skala besar itu rata-rata Kijang Innova dan Avanza. Lebih bagus Innova dibanding Xpander, tapi harga sewa beda tipis," ujarnya, Selasa 22 Mei 2018.

Peluncuran Toyota Innova Venturer di Jakarta.

Ia menjelaskan, Xpander biasanya disewakan oleh per-orangan. Jadi bukan oleh perusahaan rental dalam skala besar. Menurut dia, biasanya Xpander jarang disewakan lantaran indennya terlalu lama. 

"Makanya, kalau Xpander di kami enggak ada (unit untuk disewakan)," ujarnya. 

Senada juga diungkapkan pemilik Andrews Car Rental, Andrew. Ia mengaku enggan membeli Small MPV itu untuk disewakan. Terlebih, masih sedikit konsumen yang memburunya untuk mudik Lebaran. 

"Peminatnya jarang (yang tanya Xpander untuk mudik). Dan indennya juga lama setahu saya,” tuturnya.

Saat ditanyakan harga sewa jika nantinya Xpander ada di tempatnya, Andrew enggan berkomentar. Apakah akan lebih mahal dari Avanza atau setara dengan Innova. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya