Mau Kredit Mobil Tapi Belum E-KTP, Bisa Enggak Sih?

Ilustrasi KTP
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nadlir

VIVA – Pembelian mobil baru bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara tunai maupun dengan sistem mencicil. Persyaratan yang harus disiapkan antara lain NPWP dan KTP pemohon.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan, bisakah pembeli mobil yang belum memiliki KTP elektronik (e-KTP) mendapatkan kendaraan impiannya?

Direktur Mandiri Tunas Finance, Arya Suprihadi mengatakan, KTP memang jadi syarat mutlak, karena nantinya akan berkaitan dengan surat-surat kendaraan.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Pada dasarnya kita bisa proses walaupun bukan e-KTP," kata Arya saat dihubungi VIVA, Rabu 23 Mei 2018.

Saat mengajukan permohonan untuk kredit mobil, kata Arya, pihak leasing akan melakukan pengecekan secara menyeluruh termasuk dengan pengecekan dokumen lain yang berkaitan dengan nama pemohon kredit mobil.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Selain KTP, setiap pengajuan kredit akan kita lakukan verifikasi dengan dokumen lainnya, seperti Kartu Keluarga, PBB, dan lain-lain. Juga kita akan lakukan survei langsung ke tempat tinggal dan lingkungan yang bersangkutan," kata dia.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022