Ternyata Ada Mesin Mobil Mati tapi AC Tetap Berfungsi

Ilustrasi menyalakan AC mobil.
Sumber :
  • Driving.ca

VIVA – Ada beberapa anggapan kalau mesin mobil mati maka AC masih bisa dimanfaatkan untuk mendinginkan ruang kabin, padahal sebenarnya tidak. Pasalnya saat mesin mati, yang bisa berfungsi hanya sekedar fan atau kipas. Sedangkan untuk untuk menghasilkan hawa dingin dibutuhkan tekanan dari kompresor.

Cara Manjur Usir Panas saat Parkir Mobil di Terik Matahari

Trainer Product Knowledge Nissan Motor Indonesia (NMI), Sugihendi mengatakan, beberapa komponen AC itu bisa menyala ketika mesin mobil mati dengan posisi kelistrikan tetap hidup. Ada juga komponen yang baru bisa bekerja ketika mesin mobil hidup.

“Yang bekerja pada kondisi mesin mati itu hanya fan atau ekstra fan depan. Tahu sendiri, kalau fan saja yang bekerja tidak menimbulkan dingin di dalam kabin. Karena yang buat dingin itu freon dari tekanan kompresor. Sedangkan kompresor baru bisa berfungsi dari putaran mesin,” ujarnya kepada VIVA, Kamis 24 Mei 2018.

Penyebab AC Mobil Tak Terasa Sampai Jok Belakang

Sambung dia, begitu juga dengan mobil yang mempunyai fitur start stop sistem, di mana mesin mobil bisa mati sendiri ketika lampu merah atau saat macet, dan bisa menyala lagi ketika pedal gas diinjak. Mobil dengan fitur seperti itu saja sistem kompresor AC baru akan menyala jika mesin hidup.

“AC tetap hidup tapi kompresor tidak hidup (hanya kipas saja yang hidup ketika mesin mati), karena kompresor masih di putar dengan mesin. Jadi hawa dingin yang dikeluarkan hanya sisa-sisa saja yang disemburkan oleh fan ketika mesin mati,” sambungnya.

AC Tak Boleh Langsung Nyala saat Mesin Baru Hidup, Mitos atau Fakta

Karena teknologi otomotif semakin canggih, ternyata mobil listrik dan hybrid lah yang dapat menyalakan AC secara maksimal jika kelisitrikan mobil sudah menyala. Lanjut dia, karena AC kedua mobil itu sudah mempunyai motor penggerak sendiri, maka ketika kontak dinyalakan AC langsung bekerja.

“Karena sistemnya mirip dengan AC rumah hanya perlu listrik saja, langsung menyala jadi kompresornya ada mesin pemutar sendiri. Yang mempunyai dinamo listrik sendiri hanya hybrid dan listrik, lain dari itu mobil yang masih mesin pembakaran pasti kompresor ac tetap mesin yang menggerakan,” tuturnya.

Mobil MPV Dacia Jogger diperkenalkan di Eropa.

10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cuma Keluar Angin

Ada beberapa penyebab kerusakan AC mobil tidak bekerja dengan baik hingga cuma hembusan angin saja dan atau mati.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2021