Alasan Banyak Mobil Pikap di Indonesia Tak Pakai AC

Mobil pikap Suzuki Carry.
Sumber :
  • Suzuki

VIVA – Ada salah satu fenomena unik yang terjadi pada dunia otomotif Tanah Air. Jika Anda perhatikan mobil jenis pikap, jarang sekali dibekali peranti AC.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Walau pun ada juga beberapa produk pikap yang sudah dibekali penyejuk udara. Lalu kenapa AC jadi komponen yang tak dianggap penting untuk mobil pikap?

“Ada dua pengguna yang membedakan. Yang pertama kalau punya usaha, nyetir sendiri, biasanya pakai AC. Kalau yang nyetir driver, biasanya enggak pakai AC. Biasanya jenis industri menentukan (beli pikap AC atau non AC),” ujar Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra kepada VIVA, Jumat, 25 Mei 2018.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Sementara menurut Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, Daihatsu menyediakan Gran Max pikap dalam dua kategori, AC dan tidak. Ini dilakukan karena melihat dari kebutuhan konsumen di pasar komersial yang berbeda-beda.

Kata Anjar, ada anggapan pikap tak pakai AC tarikannya lebih enak. “Ada yang berpandangan untuk bisa seminimal mungkin biaya uasahanya atau cost yang dikeluarkan, jadi lebih memilih enggak pakai AC. Ada juga pengusaha yang memanfaatkan mobil pikap, namun masih mementingkan kenyamanan dan mereka lebih memilih AC.”

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Kalau soal tarikan lebih enteng atau tidak, Anjar memberi penjelasan. “Torsi atau output engine masih tetap sebenarnya, tapi yang sampai ke roda berkurang karena terbebani (mesin) untuk menggerakkan kompresor,” katanya.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022