Mobil Listrik di Indonesia Bakal Bebas Pajak Barang Mewah

Prototipe mobil-mobil listrik di IIMS 2018.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Ada yang menarik saat menyimak skema baru Pajak Penjualan atas Barang Mewah untuk kendaraan bermotor yang sedang diajukan oleh Kementerian Perindustrian. 

Asyik, Diskon Pajak Kendaraan di Wilayah Ini Masih Berlaku

Dalam skema pajak tersebut, Kementerian Perindustrian memberi kelonggaran untuk mobil yang memanfaatkan energi listrik. Untuk kategori new energy vehicle, di dalamnya ada jenis mobil full elektrik dan hidrogen dikenakan pajak nol persen alias bebas pajak.

Sementara mobil kategori emisi gas buang rendah (low carbon vehicle), yang di dalamnya berisi mobil hybrid, nantinya hanya diberi beban pajak 2 persen. Untuk mobil LCGC bahkan juga diberikan pajak nol persen alias gratis.

Daftar Pemutihan Pajak Mobil dan Motor Februari 2022

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan, besaran skema pajak baru yang diajukan untuk membantu mengurangi polusi akibat kendaraan bermotor.

"Didasarkan pada emisi CO2 menjadi indikasi langsung kepada target penurunan emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 sebagaimana dikomitkan Pemerintah RI,  oleh Presiden RI pada COP 21 di Paris, yaitu: penurunan CO2 sebesar minus 29 persen secara mandiri dan sebesar 41 persen dengan dukungan masyarakat Internasional," kata dia kepada VIVA, Sabtu 26 Mei 2018.

Daftar Pemutihan Pajak Kendaraan Januari 2022

Sehingga, kata Putu, skema pajak tersebut memang dirasa cukup ideal untuk mendukung adanya kendaraan-kendaraan bermotor dengan tingkat emisi gas buang yang rendah di Indonesia.

"Mengingat yang diusulkan untuk dilakukan harmonisasi adalah pajak barang mewah (PPn BM), ini guna mendukung program Low Carbon Emission Vehicles (LCEV) atau program kendaraan rendah emisi karbon. Di dalamnya termasuk kendaraan listrik (hybrid EV, PHEV, BEV - battery (full) electric vehicle - dan FCEV - Fuel cell (hidrogen) EV," kata dia. (ren)

Sopir Vanessa Angel, Tubagus Jody menjalani sidang perdana.

Video Kecelakaan Vanessa Angel, dan Diskon Pajak Kendaraan

Berita mengenai video kecelakaan Vanessa Angel dan diskon pajak kendaraan, jadi terpopuler di VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022