Ada Mobil Listrik, Industri Mobil Terancam Tenggelam

Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Dalam sebuah mobil bermesin konvensional terdapat ratusan komponen untuk membuatnya bisa dikemudikan. Namun, pada kendaraan listrik komponen yang dipakai jumlahnya lebih sedikit.

Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan Tersedia di Diler

Pengamat otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, mengatakan kehadiran mobil listrik bukan hanya memberi dampak untuk mengurangi emisi, tetapi juga berdampak pada sektor usaha otomotif.

"Kendaraan listrik akan mendisrupsi sistem industri otomotif yang ada sekarang ini," kata Yannes saat dihubungi VIVA, Sabtu 26 Mei 2018.

Neta Siapkan Fasilitas Mudik Lebaran untuk Konsumen

Sebagai ilustrasi, kata Yannes, jika mesin mobil BBM (motor bakar) yang sederhana saja menggunakan sekitar 800 komponen, maka pada motor listrik hanya menggunakan 3 komponen besar, yakni baterai, electric drive train atau secara awam disebut dinamo, dan controller.

"Artinya, akan banyak sekali industri komponen mesin BBM yang bakal mati, jika tidak cepat-cepat pindah lahan usaha," kata dia.

PLN Borong 10 Ribu Unit Mobil Listrik BYD

Lebih jauh, lanjut Yannes, disrupsi global yang terlalu cepat itu akan menggerus investasi ratusan triliun yang sudah dibenamkan banyak negara prinsipal otomotif di Indonesia dan berpotensi menghancurkan target return of investment dan profit margin yang telah dihitung sebelumnya.

"Hal ini tentu sangat ditakuti oleh semua negara yang berinvestasi pada industri otomotif di Indonesia," kata dia. (ren)

GWM Tank 330

Mobil SUV Edisi Terbatas Ini Dijual Seharga Fortuner

Mobil ini setara dengan Toyota Fortuner GR berpenggerak empat roda yang dijual di Indonesia. 

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024