Giliran Mazda Jadi Korban Kloning Produsen Mobil China

Traum Meet 5, kloningan Mazda CX-4.
Sumber :
  • CarnewsChina

VIVA – Produsen otomotif China, seakan tidak kehabisan ide untuk mengkloning mobil-mobil laris di pasaran. Kali ini, giliran Mazda CX-4 yang ditiru oleh perusahaan otomotif Tiongkok, Traum. Mobil jenis crossover tiruan itu diberi nama Traum Meet 5.

Pertarungan Mobil Merek China di Awal 2019, Ada yang 'Hilang'

Dilansir Carnewschina, Senin 25 Juni 2018, Traum Meet 5 dibuat menyerupai Mazda CX-4 yang menjadi produk crossover khusus negeri Tirai Bambu tersebut.

Desain eksteriornya dibuat sangat mirip dengan produk Mazda, mulai dari bagian depan, kaca, garis atap, lekukan bodi, hingga bentuk spion.

Mazda Bikin Mobil Bermesin Unik, Gabungan Bensin dan Diesel

Perbedaan terlihat sedikit di bagian belakang. Jika Mazda CX-4 memiliki bumper yang agak tinggi dengan knalpot berbentuk bulat di sisi kiri dan kanan, bumper Traum nampak lebih rendah dengan desain knalpot berbentuk pipih. Selain itu, lampu belakangnya dibuat menyatu sampai bagian tengah pintu bagasi.

Bicara soal dimensi, Traum Meet 5 memiliki panjang 4.680 milimeter, lebar 1.868 mm, tinggi 1.625 mm, dan wheelbase 2.720 mm. Sementara itu, Mazda CX-4 diketahui memiliki panjang 4.633 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.535 mm, dan wheelbase 2.700 mm.

Perang Merek China di Pasar Mobil Nasional

Traum diketahui merupakan anak perusahaan dari merek Zotye China, yang terkenal karena mengkloning Porsche Macan serta Range Rover. (asp)

All New Daihatsu Terios.

Mobil China Dapat Garansi 7 Tahun, Merek Jepang Enggak Takut

Harga mobil China lebih murah.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2019