Rupiah Makin Melemah, Harga Ertiga Baru Bisa Berubah

All New Suzuki Ertiga
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Meski berstatus diproduksi di dalam negeri, namun beberapa kendaraan yang dijual di Indonesia ada yang masih menggunakan komponen impor. Salah satunya mobil keluarga andalan Suzuki, All New Ertiga.

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Mobil yang resmi meluncur pada April 2018 tersebut, saat ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp193 juta. Namun, harga tersebut bisa saja berubah.

Ditemui di Ubud, Bali, Head of Brand Development and Marketing Research SIS, Harold Donnel menjelaskan, ada beberapa faktor yang memengaruhi harga pesaing Mitsubishi Xpander tersebut.

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

“Dolar AS merupakan salah satu pengaruh. Karena, komponen ada yang dibuat di Indonesia, ada yg dari luar. itu yang memengaruhi harga komponen,” ujarnya, Selasa 26 Juni 2018.

Test drive All New Suzuki Ertiga

Mobil Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp201 Jutaan

Saat ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mencapai level Rp14 ribu. Meski demikian, Harold tetap percaya diri untuk tidak menaikkan harga jual Ertiga baru saat ini.

“Kondisi dolar seperti ini, kami masih percaya diri tidak menaikkan harga. Namun jika dolar naik (lagi), kami harus menyesuaikan.” tuturnya.

Faktor kedua yang memengaruhi harga jual Ertiga adalah bea balik nama kendaraan bermotor atau BBNKB.

“Pajak yang memengaruhi harga kendaraan baru.” (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya