Kejar Xpander, Penjualan Avanza Kembali Merangkak Naik

Toyota Avanza.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Saat ini mobil terlaris di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air masih dipegang Mitsubishi Xpander. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales --pabrik ke diler-- Avanza dari Januari-April 2018 tercatat 28.330 unit. Sementara Xpander mencatatkan angka 29.069 unit.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Tetapi jelang Lebaran kemarin, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku penjualan Avanza mulai merangkak naik dalam periode Mei ke Juni 2018. Hal tersebut ditegaskan langsung Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

“Apalagi menjelang Lebaran kemarin, kita bisa jualan sekitar 8.000 unit, itu kalau enggak ada kendala seperti perpanjangan libur atau instansi, STNK (kebijakan) dan segala macam, mungkin kita bisa jualan lebih,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Tapi setelah Lebaran, pria yang akrab disapa Soerjo itu memastikan penjualan Avanza akan kembali normal.

Terkait penjualan wholesales Avanza yang sempat menurun, Soerjo mengakui permintaan pasar memang berkurang. Maka tak heran unit yang dimasukan ke diler dari pabrikan sengaja dikurangi. Sebab jika stok unit menumpuk, akan membuat diler kewalahan.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

“Memang saat itu kita turun 6.000, karena kita sesuaikan dengan demand, supaya stok di diler tidak tinggi. Kalau demand turun dikarenakan ada pemain baru masuk itu kan lumrah. Kalau kita tetap paksakan sekarang pasok sekitar 9.000 atau 10.000 unit sementara demand-nya hanya 6.000 unit, kan diler kita grogi,” tuturnya.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Mudik Lebaran seringkali menghadirkan pengalaman yang unik dan tak terduga bagi para pemudik. Belakangan ini, media sosial diramaikan oleh kejadian menarik yang dilakukan

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024