Mobil Pedesaan Bakal Diproduksi Massal pada Awal 2019

Mobil pedesaan
Sumber :
  • IIMS 2018

VIVA – Proyek mobil pedesaan hasil karya anak bangsa atau yang disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) akan segera rampung. Pasalnya, Kementerian Perindustrian telah menggandeng lebih dari 70 industri lokal menengah untuk membuat komponennya.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

“AMMDes ini akan di launching pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang rencananya dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya yang diterima VIVA.

Setelah diperkenalkan mobil pedesaan itu akan segera dijual ke masyarakat. Seperti yang dikatakan Airlangga, perkembangan produksi AMMDes yang dilakukan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) sudah pada tahap finalisasi prototype dan uji coba dan dijadwalkan akan produksi massal pada Januari 2019.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

“Uji Coba lapangan AMMDes dilakukan di kawasan Bogor mulai awal April 2018 dan masih berlangsung sampai saat ini,” sambungnya.

Menurut Ketua Umum Partai Golkar tersebut, pengujian terus dilakukan untuk mengetahui performa dan daya tahannya secara persial yang meliputi mesin, sasis, suspensi, transmisi dan lain-lain. “Hasil pengujian dilakukan untuk menyempurnakan rancangan AMMDes,” tuturnya.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Selain itu, PT KMWI juga menyiapkan power train dan sasis untuk pengembangan jenis desain dari platform mobil pedesaan. Misalnya untuk mobil yang digunakan di daerah datar dan perbukitan dengan kemiringan 20-30 derajat menggunakan penggerak diesel dan bensin.

“Melalui konsolidasi dengan pelaku industri nasional, kami berhasil memfasilitasi dalam membangun komitmen kerja sama dengan lebih dari 70 industri yang siap menjadi pemasok komponen AMMDes, di mana sebagain besar adalah industri kecil dan menengah (IKM),” ujarnya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022