Yaris dan Jazz Saling Susul, Menang Siapa?

Honda Jazz vs Toyota Yaris.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA – Mobil hatchback masuk dalam jenis kendaraan yang dijual untuk konsumen di Indonesia. Meski popularitasnya tak sehebat mobil keluarga, produk mobil tanpa buntut ini tetap punya penggemar di Tanah Air.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Produsen otomotif asal Jepang, Korea Selatan, bahkan Eropa, berebut untuk mencuri perhatian peminat mobil jenis ini. Meski demikian, angka penjualan satu model hatchback di Indonesia tidak lebih dari 1.500 unit dalam sebulan.

Data wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama Mei 2018 mobil hatchback laku 3.500 unit. Penjualan paling tinggi di segmen ini diraih oleh Toyota Yaris dengan angka 1.320 unit.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Posisi kedua diisi oleh kompetitornya, yakni Honda Jazz yang mencatat penjualan 1.086 unit, dan di bawahnya diisi oleh mobil besutan Suzuki, Baleno Hatchback dengan 561 unit.

Suzuki Baleno Hatchback.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Honda Civic menempati posisi selanjutnya dengan penjualan 259 unit, disusul oleh Mazda2 yang mampu menorehkan angka 186 unit.

Sayangnya, tidak semua merek mencatat penjualan hingga ratusan unit. Banyak juga merek otomotif yang hanya sanggup menjual mobil hatchback sebanyak puluhan unit, seperti MINI Cooper sebanyak 45 unit dan Hyundai i20 dengan penjualan 16 unit.

Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024