Mobil China Geser Dua Merek Jepang di Daftar Terlaris

Wuling Cortez
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Beberapa tahun lalu, produsen otomotif asal China berusaha mencari peruntungan di Indonesia. Mereka menawarkan produk mobil dan motor dengan harga lebih terjangkau dari merek Jepang.

Inovasi Wuling Mengubah Wajah Otomotif Nasional

Namun, usaha itu tidak membuahkan hasil. Kurang baiknya kualitas serta dukungan purna jual, menyebabkan banyak merek China yang harus gulung tikar.

Kini, merek mobil asal Negeri Tirai Bambu kembali hadir untuk bersaing dengan merek asal Negeri Matahari Terbit. Tapi, mereka kini datang dengan persiapan yang lebih matang.

Buka Tahun 2021, Mitsubishi Jual Lebih dari 6 Ribu Mobil di RI

Berdasarkan data distribusi mobil yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, mobil yang diproduksi Wuling di Cikarang, Jawa Barat mulai diterima masyarakat Indonesia.

Wuling Cortez.

Mobil Ini yang Jadi Penopang Jualan Honda di Indonesia

Hal ini terlihat dari semakin banyaknya distribusi unit dari pabrik ke diler. Data dari Januari hingga Mei 2018 menunjukkan, bahwa angkanya semakin bertambah. Pada Januari, Wuling mengirimkan 927 unit ke diler.

Sementara pada Mei, angkanya mencapai 1.765 unit. Jika ditotal, maka sudah ada 6.981 unit yang dikirim Wuling hingga bulan ke-5 tahun ini.

Hal itu membuat posisi mereka sebagai merek mobil terlaris naik. Jika pada April Wuling menempati urutan ke-9, maka di bulan berikutnya mereka naik ke posisi delapan. Hal itu membuat Datsun dan Nissan menempati peringkat ke-9 dan ke-10.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya