Pedagang Ungkap Kenapa Mobil Bekas Jakarta Utara Lebih Murah

Sorot Mobil Mudik - Mobil bekas yang dijual pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum kalau mobil-mobil yang berdomisili di pesisir pantai punya harga lebih murah ketimbang mobil lain pada umumnya. Penyebabnya kendaraan tersebut dipengaruhi dengan air yang berada di sekitar pantai, sehingga berisiko terkena korosi.

Ratusan Pengguna Jalan Kena Razia di Jakarta Utara

Hal ini dikatakan pemilik ruang pamer mobil bekas Glory Auto di WTC Mangga Dua, Jakarta, Yugi. Menurut dia, anggapan itu sudah melekat di masyarakat.

"Sebenarnya tergantung ke perawatan orangnya juga. Tapi anggapan itu kan memang sudah melekat. Dan harga mobil dari Utara (Jakarta Utara) mayoritas lebih murah, begitu juga dengan Barat (Jakarta Barat) yang dekat dengan utara biasanya agak karatan,” ujar Yugi kepada VIVA, Rabu 4 Juli 2018.

Pemalak Sopir Mobil Bak di Cilincing Ditangkap

Untuk mengantisipasinya, biasanya calon konsumen kendaraan selalu melakukan pengecekan secara detail dan membawa orang bengkel untuk memastikan kondisi mobil tersebut.

“Perbedaan harga sekira Rp5 jutaan (Utara) dibanding wilayah Jakarta lainnya. Rata-rata konsumen melakukan pengecekannya teliti kalau pelat nomornya Jakut. Kalau mobil bekas yang mayoritas kondisi masih mulus dan terawat dari Jakarta Selatan,” katanya.

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Yugi mengaku kurang paham kenapa dirinya selalu mendapatkan mobil bekas yang keadaannya masih bagus dari Jakarta Selatan. Padahal salon mobil, tempat perawatan khusus atau bengkel-bengkel juga banyak di setiap wilayah Jakarta.

Sunanta pemilik Dave Car di WTC Mangga Dua, Jakarta mengatakan hal yang berbeda. Kata dia, terjadinya karat pada beberapa komponen mobil bukan karena wilayah tersebut dekat pesisir laut, namun perawatan dari pemilik mobilnya. Maka tidak semua mobil dari Utara berkarat.

“Jangankan air laut, air hujan saja kalau mobil dibiarkan tidak dicuci akan berkarat. Tapi mobil Utara memang selau dilakukan pengecekan pada sasis sebelum beli, dan biasanya yang sering itu bodi berbintik atau bolong-bolong kecil,” tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya