Soal Setor Data Penjualan, BMW: Kami Ikut Aturan

Pabrik BMW di Sunter
Sumber :

VIVA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha beberapa waktu lalu menyarankan agar agen pemegang merek kendaraan bermotor di Indonesia tidak menyetor data penjualan kepada asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo.

KPPU Siap Hadapi Banding Jakpro soal Kongkalikong Revitalisasi Proyek TIM

Alasannya, data tersebut bisa menimbulkan potensi kartel antarsesama produsen kendaraan. BMW Group Indonesia sebagai salah satu agen pemegang merek kendaraan bermotor pun angkat bicara.

Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania mengatakan, pihaknya akan mengikuti regulasi yang berlaku di Tanah Air.

KPPU Soroti Dugaan Monopoli Tower BTS di Bali

"Untuk BMW Indonesia, karena memang arahan dari pusat di Jerman adalah mengikuti peraturan yang ada di negara mana kami beroperasi. Karena setiap negara pasti berbeda regulasinya," kata Jodie saat Plant Tour di Pabrik Gaya Motor di Sunter, Jakarta Utara.

"Jadi kami menyesuaikan dan beradapatasi untuk mengikuti tuntutan yang ada di setiap negara. Pasti, apapun peraturanya kami ikuti. Jika peraturannya tidak memberikan data akan kami ikuti," kata dia.

BMW Indonesia Raih Transaksi Rp1 Triliun Lebih di GIIAS 2021

Jodie mengatakan, pihaknya juga belum memperoleh informasi terbaru dari Gaikindo terkait pelarangan pengiriman data penjualan wholesales masing-masing merek otomotif di Tanah Air.

"Sampai saat ini belum ada informasi terbaru. Tapi yang pasti kami akan memenuhi peraturan yang ada," kata Jodie.

Taman Ismail Marzuki (TIM) setelah direvitalisasi.

KPPU Beberkan Alasan Jakpro Tak Kena Denda di Kasus Persekongkolan Revitalisasi TIM

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membeberkan alasan kenapa PT Jakpro tak dikenakan denda setelah terbukti bersekongkol dalam proyek revitalisasi TIM.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2023