Dijual di Indonesia, Mobil Ini Gagal Uji Tabrak

Renault Kwid edisi terbatas di GIIAS 2017.
Sumber :
  • Indianautosblog

VIVA – Tidak semua mobil yang dijual di Indonesia diproduksi secara lokal. Beberapa didatangkan dari luar negeri, seperti Thailand dan India.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Salah satunya Renault Kwid, mobil mungil merek Prancis yang diimpor secara utuh dari Negeri Hindustan. Diperkenalkan secara resmi pada awal 2017, mobil tersebut dibanderol Rp117 juta pada saat peluncuran.

Harga yang ditawarkan memang menggiurkan. Namun, penjualannya tidak menggembirakan. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, mobil yang masuk dalam segmen city car itu hanya laku 46 unit pada periode Januari-Juni 2018.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Tidak hanya penjualannya yang kurang beruntung, Kwid juga dirundung beberapa masalah. Pertama, adanya penarikan kembali untuk model yang menggunakan mesin 800 cc. Penarikan harus dilakukan, karena ditemukan masalah pada komponen kemudi.

Renault Kwid.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Masalah kedua yakni soal keamanan. Dilansir dari laman resmi ASEAN New Car Assessment Program, Selasa 24 Juli 2018, asosiasi yang bertugas menguji kualitas mobil-mobil baru itu menemukan fakta mengejutkan soal Kwid.

Saat diuji tabrak, Kwid tidak berhasil mendapatkan satu pun bintang. Artinya, kemampuan kendaraan untuk melindungi pengemudi dan penumpang dianggap kurang baik. Padahal, sudah ada kantung udara di bagian setir untuk memberi perlindungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya