Tampil Selalu Parlente, Berapa Sih Gaji Sales Mobil di GIIAS?

Pameran otomotif kelas dunia, GIIAS
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Bagi Anda yang telah menyambangi pameran GIIAS 2018, tentu tak heran dengan keberadaan sales yang tanpa henti menawarkan produk-produk mereka ke para pengunjung yang melintas. Nah, yang masih menjadi pertanyaan, sebenarnya seberapa besar gaji mereka?

IIMS 2024 Siap Digelar, Pakai Semua Area JIExpo Kemayoran

Salah satu tenaga penjual dari diler Suzuki di Karawaci, Tangerang yang enggan disebutkan namanya mengatakan, gaji pokok memang tidak terlalu besar terutama bagi sales yang penjualannya masih di bawah target. Tidak semua sales yang bernaung di bawah satu perusahaan memiliki gaji yang sama.

"Kalau saya kecil Rp1 jutaan, nanti kalau saya jualan mobil ada kalkulasinya, tergantung lising bonusnya. Kalau konsumen belinya kredit dengan tenor yang lama dan bunganya besar tentu bonus saya tinggi. Semakin lama tenor waktunya semakin besar bonusnya," ujarnya kepada VIVA di ICE, BSD City, Tangerang Selatan.

Daftar Mobil Paling Favorit di Pameran GJAW 2023

Dia mengatakan, untuk sales yang kategorinya gold gaji bulanannya sudah Rp3,5 jutaan setara UMR (upah minimum provinsi). Jadi ada levelnya, sales yang masuk kategori gold itu mampu menjual mobil selama sebulan sepuluh unit, sedangkan dia hanya dua sampai tiga unit per-bulan.

Hal senada juga disampaikan salah satu sales diler Honda Bintaro. Dia mengatakan, profesi yang dilakoninya itu ada levelnya, yaitu junior dan senior dan posisi itu lah yang menentukan nominal gaji per-bulan. Selebihnya keuntungan didapat wiraniaga itu dari setiap penjualan mobil.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

"Kebetulan saya senior, jadi gaji termasuk uang makan dan transportasi rangenya Rp3 jutaan. Kalau masih junior di bawah itu, karena gaji enggak bisa kami pukul rata masing-masing owner diler beda  ada yang Rp500 ribu sebulan, ada yang ikutin UMR," tuturnya.

Level senior dan junior bukan ditentukan dari umur, namun penjualan yang dievaluasi setiap tiga bulan sekali. "Kalau saya satu bulan harus enam unit berarti tiga bulan 18 unit, minimal 80 persennya. Kalau tidak memenuhi target turun grade jadi junior, targetnya per-bulan empat berarti tiga bulan 12 unit," tuturnya.

Untuk jenjang karir, setelah jadi sales senior dan konstan jualannya selama masa evaluasi tiga bulan sekali baru dijadikan karyawan, dan melalui tahapan lagi untuk mengikuti seleksi menjadi supervisor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya