Pajero Sport Dakar Banjir Fitur Keselamatan, Harga Sebanding

Pajero Sport Dakar 4x2 Ultimate
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

VIVA – Selain Xpander, Pajero Sport selalu diboyong Mitsubishi dalam tiap pameran otomotif bergengsi di Tanah Air. Seperti halnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Pajero Sport Tabrak Hancur Warung Pecel Lele, Satu Anak Tewas

Menariknya kehadiran Pajero Sport selalu dibuat istimewa oleh Mitsubishi. Di GIIAS, penempatan Pajero nampak lebih tinggi dari model lainnya.

Di GIIAS, Mitsubishi juga membawa Pajero Sport Dakar. Mobil itu adalah varian Pajero Sport primadona, yang ditawarkan dengan fitur terlengkap.

Mitsubishi Beri Bocoran Terkait Peluncuran Pajero Sport Baru di RI

Varian Dakar dibekali fitur keselataman canggih. Seperti blind spot warning (BSW) untuk mendeteksi objek atau kendaraan lain yang tidak terlihat dengan jarak tiga meter, active stability and traction control (ASTC) yang dapat mengontrol laju mobil saat bermanuver di jalan licin.

Selain itu, untuk mencegah tabrakan oleh kendaraan lain, tipe Dakar juga dibekali fitur ultrasonic mis-acceleration mitigation system (UMS), yang dapat mereduksi tenaga mesin dari kondisi cepat secara otomatis selama lima detik, fitur ini berfungsi saat mobil berusaha berhenti atau pengereman mendadak.

Punya Tampilan Macho, Pajero Sport Edisi Ini Laris Manis di RI

Ada juga fitur keselamtan forward collision mitigation (FCM) untuk mencegah tabrakan dengan kendaraan di depan yang terdeteksi oleh radar. Nantinya secara otomatis fitur itu dapat mengatur pengereman mobil, berlaku jika jarak kendaraan di depan terlalu dekat.

Tidak ketinggalan, hill descent control (HDC), fitur ini sangat umum untuk mobil sekelasnya. Fungsi HDC untuk mengontrol kecepatan mobil saat menghadapi turunan terjal. Alhasil Anda tak perlu direpotkan untuk memainkan pedal rem atau menurunkan gigi, karena secara otomatis mobil bergerak stagnan saat turunan.

Semakin menarik lantaran suspensi SUV berlogo tiga berlian itu sudah dibekali double wishbone tipe coil spring untuk depan dan belakang, serta 3 link tipe rigid axle coil spring. Dengan perpaduan suspensi itu, Pajero cukup tangguh untuk melintasi medan off road.

Untuk mendukung pengereman, selain menggunakan disc brake juga didukung fitur ABS (antilock braking system), EBD (elektronik brake system), brake assist dan hydraulic (BA).

Jantung pacunya, semua varian Pajero Sport memiliki kesamaan, dengan menggendong mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.400cc Mivec turbochargerd dan intercooled. Sehingga tenaga yang disemburkan mencapai 178 daya kuda di 3.500 rpm dan torsi maksimum 430 newton meter di 2.500 rpm.

Untuk Dakar ditawarkan dua pilihan penggerak, 4x2 dan 4x4, namun transmisinya sama dengan varian lain matik delapan percepatan. Maka bagi yang ingin merasakan sensasi berkendara manual, bisa menggunakan paddle shift yang berada di balik kemudi untuk mengoperasikan giginya satu per-satu.

Lantas berapa harganya? Untuk tipe Dakar (4x4) transmisi matik dijual Rp672 juta. Dakar Ultimate (4x2) transmisi matik Rp566 juta dan Dakar (4x2) transmisi matik Rp522 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya