Baterai Mobil Listrik Dicelupkan ke Air, Begini Hasilnya

BMW i8 Roadster meluncur di GIIAS 2018.
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Indonesia akan menghadapi era mobil bertenaga listrik dalam beberapa tahun ke depan. Sejumlah produsen otomotif pun berlomba menghadirkan kendaraan masa depannya.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Salah satu agen pemegang merek yang siap dengan era kendaraan listrik ini adalah BMW. Di Indonesia, pabrikan tersebut menjual i8 Roadster. Yang dipasarkan dengan harga Rp3,96 miliar off the road.

Namun, masih banyak konsumen yang mempertanyakan perihal keamanan mobil listrik yang diproduksi pabrikan asal Jerman itu. Terutama, saat kendaraan bertenaga listriknya menerjang banjir.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

"Ada sedikit kekhawatiran, bagaimana kalau mobil listrik bertemu dengan air. Kami sudah tes dengan berbagai negara dan berbagai kondisi, totally safe," kata Product Planning BMW Group Indonesia, Anindyanto Kumoro di Jakarta, Kamis 9 Agustus 2018.

Mobil Listrik (hybrid) BMW i8 di Jakarta

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Ia mengatakan, berbagai uji coba tak hanya dilakukan terhadap kendaraannya saja. Namun, juga diuji pada komponen baterainya. Ia mencontohkan, piranti itu dicoba dimasukkan ke dalam air, dan diklaim tak ditemukan masalah.

"Untuk baterainya sendiri, kami juga melakukan beberapa tes. Baterainya kami masukkan dalam air, dan kami keluarkan lagi tanpa masalah. Dari segi material dan kualitas, mobil ini seperti mobil sehari-hari saja," tuturnya.

Ilustrasi macet / mudik

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Mudik Lebaran 2024 semakin dekat, dan antusiasme para perantau untuk kembali ke kampung halaman sudah terasa. Di tengah meningkatnya kesadaran akan kelestarian lingkungan

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024