Indonesia Akan Bisa Jualan Mobil Lagi di Vietnam

Pabrik Suzuki di Indonesia
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id

VIVA – Sejak awal 2018, PT Suzuki Indomobil Motor berhenti ekspor mobil ke Vietnam. Begitu juga dengan pabrikan mobil lainnya.

Volume Ekspor Tinggi, Suzuki Diberi Kemudahan oleh Bea Cukai Indonesia

Hal itu akibat pemerintah Vietnam mengubah aturan mengenai uji tipe kendaraan impor. Ubahan tersebut begitu ketat, sehingga sulit bagi produsen untuk bisa menembus pasar kendaraan di negara tersebut.

Namun belum lama ini, semua mobil buatan Tanah Air sudah kembali masuk ke Vietnam. Department Head of Export SIM, Hady Surjono Halim mengatakan, berkat kerja keras pemerintah Indonesia, akhirnya uji tipe kendaraan dari Indonesia bisa diterima.

Mitsubishi Janji Tingkatkan Ekspor Mobil Buatan Indonesia

“Kami sudah menyelesaikan uji tipe tersebut, dokumen sudah kami kirim. Pengiriman ke Vietnam 201 unit, Suzuki APV pikap dan APV sasis dalam bentuk utuh, Kami lakukan Juli 2018,” ujarnya di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat 10 Agustus 2018.

Tapi, bukan lantas ratusan unit tersebut akan bisa dijual, karena pada bulan ini harus melewati pengujian secara acak di Vietnam, seperti emisi.

Bukan Esemka, Ini Mobil yang Diekspor dan Bikin Bangga Jokowi

“Saya mendapat kabar, 17 Agustus 2018 apakah unit yang kami kirim bisa masuk dan dijual. Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik, agar bisa terus ekspor. Kami sangat terima kasih dengan pemerintah Indonesia untuk VTA (vehicle type approval),” tuturnya.

All New Honda BR-V dipamerkan di Medan.

Ekspor All New Honda BR-V Buatan Indonesia Tembus 1.000 Unit

PT Honda Prospect Motor (HPM) sejauh ini sudah 7 negara yang diekspor All New Honda BR-V buatan Indonesia dari 30 negara yang tertarik diekspor juga.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2022