Asosiasi Tak Mengakui AMMDes Sebagai Mobil

Presiden Joko Widodo meninjau Stan AMMDES di GIIAS 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 menjadi tempat peluncuran kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes. Di ajang tahunan itu, AMMDes menempati ruang bersama dengan mobil komersial.

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Yohannes Nangoi mengatakan, sampai saat ini Kiat Mahesa Wintor sebagai produsen AMMDes belum menjadi anggota Gaikindo.

"Dia bukan anggota Gaikindo, cuma minta izin meluncurkan di GIIAS. Ya dipersilahkan," ujarnya di Jakarta, Selasa 14 Agustus 2018.

Wah, Ada Bayi Namanya Mirip Mobil Pedesaan

Dikatakan Nangoi, AMMDes bukanlah mobil, melainkan kendaraan mekanis multiguna untuk berbagai kebutuhan. Sehingga, kurang tepat jika disebut sebagai mobil pedesaan.

Mobil pedesaan.Menurut dia, untuk menjadikannya kendaraan yang laik dan aman dikendarai di jalan raya, AMMDes juga harus melalui uji tipe.

Kendaraan Pak Tani Ikut Kontes Modifikasi

"Dia itu alat, sampai sekarang uji tipenya belum jelas dari Kementerian Perhubungan. Itu saja," tuturnya.

AMMDes yang dipajang selama pameran GIIAS 2018 dirancang mirip mobil pikap, dan hanya bisa menampung dua orang di kabinnya.

Sementara itu, bagian belakang mobil dirancang untuk menampung barang, atau bisa diubah untuk mengoperasikan generator listrik, pompa air hingga mesin pemutih beras.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya