Rencana Stop Impor Mobil Mewah, Untung atau Rugi?

Mobil-mobil mewah
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Wacana larangan untuk impor mobil mewah yang dilontarkan Wakil Presiden Jusuf Kalla beberapa waktu lalu tampak kurang mendapat dukungan dari beberapa pihak. Terutama para pelaku utama atau importir mobil mewah di Indonesia. Mereka menganggap wacana itu justru akan memberikan beberapa dampak kurang baik bagi industri otomotif tanah air.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Beberapa waktu lalu, JK mengungkapkan rencananya untuk memberhentikan impor kendaraan mewah dengan kapasitas mesin di atas 3.000cc. Alasannya, dengan kurangnya impor mobil premium ini diharapkan dapat menekan defisit neraca perdagangan, agar ekspor dari Indonesia meningkat.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim mengaku sangat tidak setuju. Pasalnya, dari aktifitas impor mobil mewah ini negara mendapat keuntungan termasuk dari pajak.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

“Wacananya seperti itu saya harap tidak terjadi, karena sektor mobil mewah ini seperti trackel down ekonomi jadi biasanya di luar negeri yang kaya-kaya diberi kebebasan pajak untuk memicu ekonomi bawah,” katanya.

“Kurang lebih mobil mewah juga akan berperan seperti itu (kapal pesiar), mobil mewah otomatis sektor padat karyanya banyak perawatannya tinggi. Dengan bayar pajak tinggi setiap tahun berkontribusi untuk infrastruktur,” lanjutnya.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

Jika JK merealisasikan wacananya, apa yang terjadi? Rudy mengatakan, pasti orang kaya di RI akan membeli mobil di luar negeri. Pasalnya, bagi mereka membeli mobil mewah suatu kesenangan, dan ketika mereka tidak dapat kesenangan tersebut di dalam negeri, mereka ke luar.

“Saya harapkan orang-orang kaya di Indonesia beli mobil jangan di luar negeri,  biar di Indonesia dan dinikmati di dalam negeri.  Walaupun saya paham betul ada current account defisit,  tapi setau saya hanya 0,03 persen untuk pangsa ini hampir tidak ada imbasnya,” katanya.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024