Mobil Keluarga Kelas Menengah, Wuling Belum Mampu Geser Toyota

Wuling Cortez.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Mobil keluarga masih menjadi idaman masyarakat Indonesia. Selain bisa memuat banyak penumpang, fungsinya pun beragam.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Bisa untuk bepergian bersama keluarga atau membawa belanjaan dalam jumlah banyak. Di kelas menengah, pilihan produknya pun sangat beragam, mulai dari merek Jepang hingga pendatang baru asal China.

Jika mengacu pada data penjualan dari pabrik menuju diler resmi (wholesales), segmen medium MPV pada bulan Juli 2018 mencapai 5.956 unit. Angka ini naik jika dibandingkan bulan sebelumnya, yakni Juni 2018 yang hanya mencapai 2.448 unit.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Produk legendaris Toyota Kijang, yang kini lebih dikenal sebagai Innova, pada Juli 2018 berhasil laku 5.204 unit. Pencapaian ini sekaligus mengukuhkan posisinya sebagai produk terlaris di kelas mobil keluarga. Hingga saat ini, posisi tersebut belum tergoyahkan oleh merek dan tipe lain.

Pesaing berat Kijang Innova bukan dari sesama Jepang. Posisi ke-2 adalah pendatang baru asal China, Wuling Cortez. Mobil keluarga bertubuh bongsor ini mencatat penjualan 385 unit.

Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2022 Naik 38 Persen

Di bawahnya, berturut-turut Toyota Sienta 194 unit dan kemudian Isuzu Panther 100 unit.

Toyota Kijang Innova

VIVA Otomotif: Mobil terlaris di Indonesia September 2023

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan sebesar 6,3 persen dari bulan seb

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2023