Proton Siap Gempur Pasar Mobil RI, Dibekingi Perusahaan China

SUV pertama Proton.
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Produsen otomotif asal China telah sepakat untuk memperpanjang kerjasama dengan perusahaan mobil Malaysia, Proton Holdings Berhad. Dengan kerjasama tersebut diharapkan Proton akan lebih berkembang di pasar otomotif internasional, termasuk China dan Indonesia.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Dengan kerjasama tersebut Proton bisa mengadopsi teknologi mobil ramah lingkungan, termasuk menggunakan platform yang sama dengan mobil Geely atau bahkan merek Volvo yang sudah menjadi bagian dalam kolaborasi dengan Geely.

"Penandatanganan perjanjian hari ini akan memperluas hubungan kami dan membawa kerja sama kami ke tahap berikutnya," kata Founder and Chief Executive Geely, Li Shufu seperti dilansir dari Reuters, Jumat 24 Agustus 2018.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Salah seorang narasumber Reuters menyebutkan bahwa dengan kerjasama ini Proton bisa membuat dan menjual mobil di China dan Indonesia sebagai target utama, serta negara Asia Tenggara lainnya.

Sementara bagi Geely, dengan menggandeng Proton dan Volvo sebelumnya, berarti perusahaan ini memiliki line up cukup lengkap, mulai dari segmen bawah, menengah, hingga kendaraan mewah.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Tak puas sampai di situ, dengan dukungannya untuk Proton, Geely menargetkan mobil nasional Malaysia itu juga bisa bersaing di Inggris, India, dan Australia.

Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024