Ada Angkot Mewah di Papua, Belinya Harus Dibawa Pakai Helikopter

Mitsubishi Triton dijadikan angkot di Papua.
Sumber :
  • Instagram @sigit.arifian

VIVA – Sudah menjadi rahasia umum, harga kendaraan di daerah akan lebih mahal dari DKI Jakarta. Alasannya sederhana, diler perlu mengeluarkan biaya untuk pengiriman dari pabrik, yang rata-rata lokasinya ada di dekat Ibu Kota.

Tisu Magic hingga Minyak Lintah Papua Ditemukan Saat Olah TKP Pembunuhan Wanita Open BO

Ongkos kirim itu nantinya akan dibebankan ke setiap unit yang dikirim. Besarannya berbeda-beda, tergantung jarak dan jenis transportasi yang digunakan. Misalnya, diler mobil di Makassar, Sulawesi Selatan umumnya mendapatkan unit yang dikirim melalui jalur laut.

Namun, ada yang unik dari mobil-mobil yang ada di Papua. Menurut pengakuan seorang mantan tenaga pengajar yang pernah bertugas di wilayah tersebut, Sigit Arifianto, mobil-mobil yang digunakan sebagai angkutan antar wilayah di ujung timur Indonesia itu dibawa dari Jayapura, dengan cara cukup ekstrem.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

“Untuk mendatangkan mobil ini, perlu diangkut pakai helikopter dari Jayapura, biayanya sekitar Rp500 juta,” ujarnya, dikutip dari akun Instagram @sigit.arifian, Rabu 29 Agustus 2018.

Ilustrasi mobil dibawa menggunakan helikopter

Ribuan Tesla Cybertruck Alami Masalah Pedal Gas

Tak hanya itu, jenis mobil yang dipakai sebagai angkutan juga bukan sembarangan. Kendaraan yang di Pulau Jawa dianggap sebagai mobil mewah, justru dipakai untuk melibas tanah dan lumpur di Papua. Contohnya Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Mitsubishi Triton.

“Harga mobilnya sendiri sekitar Rp500 juta, jadi total Rp1 miliar. Mahal? Ukuran Papua standarlah,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya