Polisi: Ganjil Genap Bikin Penumpang Angkutan Umum Melonjak

Penumpang bus Transjakarta di Kalideres
Sumber :
  • VIVA/Maryadie

VIVA – Peraturan ganjil-genap telah berlaku di beberapa ruas jalan di Jakarta sejak Agustus. Aturan ini dibuat untuk mengurangi volume mobil di jalanan, khususnya terkait adanya event olahraga internasional Asian Games 2018.

4 Ribu Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2024, Netizen: Panen!

Pada awal aturan ganjil-genap diuji, polisi hanya memberi peringatan kepada pengemudi yang melanggar. Kini, setelah 28 hari berjalan, polisi sudah menilang lebih dari 22 ribu mobil yang melanggar.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan, volume kapasitas rasio rata-rata jalan di Ibu Kota yang diberlakukan aturan ganjil-genap ini turun sebesar 20,37 persen.

Kakorlantas: 4 Ribu lebih Pengendara Kena Tilang Ganjil Genap saat Arus Mudik Lebaran 2024

"Di ruas jalan yang berlaku ganjil-genap, volume capacity ratio turun. Sementara pada ruas jalan alternatif volume capacity ratio naik sebesar 6,48 persen," kata Budiyanto saat dikonfirmasi VIVA, Rabu 29 Agustus 2018.

Menurut Budiyanto, aturan ganjil-genap ini bukan hanya mengurangi volume kendaraan di jalan, tetapi juga secara perlahan mulai mendorong warga yang berdomisili di sekitar Jakarta untuk beralih ke transportasi umum.

Polri Sebut 199 Kecelakaan Terjadi pada Hari Raya Idul Fitri, 41 Orang Meninggal Dunia

Hal ini bisa dilihat dari data meningkatnya jumlah penumpang Transjabodetabek premium.

"Penumpang Transjabodetabek premium dengan operator PPD naik 28,8 persen, Lorena naik 98,18 persen, Sinar Jaya naik naik 6,34 persen," kata dia.

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024