Ertiga Diesel Siap Diisi Solar B20, Sayang Ada Tapinya

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA – Mulai  1 September 2018, pemerintah menerapkan penggunaan bahan bakar bio diesel B20 untuk semua kendaraan. Jadi, solar murni digantikan oleh bahan bakar yang mengandung nabati itu di semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum milik Pertamina.

Petrus: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045

Terkait dengan bahan bakar B20, sebenarnya Suzuki pernah menjual mobil yang sudah siap diisi dengan jenis tersebut. Sayangnya, kini kendaraan tersebut tidak lagi tersedia di pasaran lokal.

“Kami sudah enggak menjual Ertiga Diesel Hybrid, setelah All New Ertiga dijual. Tapi, sudah diuji, enggak masalah pakai B20. Saat ini lini All New Ertiga yang tersedia di kami masih dengan bahan bakar bensin,” ujar Direktur Pemasaran Divisi Roda Empat PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra kepada VIVA, Senin 3 September 2018.

Menko Airlangga Bantah Mendag Zulhas soal Program B35 Bikin MinyaKita Langka

Ia menjelaskan, bila nantinya SIS kembali menghadirkan mobil dengan mesin diesel, maka kendaraan tersebut dipastikan tidak ada masalah saat diisi B20.

Ertiga terbaru di GIIAS 2018.

Program B35 Diterapkan 1 Februari 2023, Pertamina Terima 9,9 Juta Kiloliter

“Bila kami akan memperkenalkan kembali Ertiga versi diesel, kami pastikan model tersebut siap dengan regulasi B20,” tuturnya.

Sekadar informasi, B20 adalah bahan bakar solar yang mengandung 20 persen minyak hasil pengolahan kelapa sawit dan 80 persen minyak bumi. Hal tersebut dilakukan pemerintah untuk menekan devisa negara, serta mengurangi impor minyak mentah.

Prabowo Subianto

Prabowo Bertekad Kembangkan Energi Baru Terbarukan, Energy Watch Bilang Begini

Energy watch merespons soal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang bertekad untuk mengembangkan energi hijau atau energi baru dan terbarukan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024