Minta Tambah Investasi, Jokowi Akan Sambangi Bos Toyota di Jepang

Presiden Jokowi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Pabrikan mobil Toyota telah menggelontorkan dana puluhan triliun rupiah, untuk pembangunan pabrik di Indonesia. Dana yang besar tersebut, diharapkan bisa meningkatkan jumlah produksi mobil Toyota di Indonesia untuk pasar ekspor, sesuai perintah Presiden Joko Widodo.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

"Tiga tahun lalu (2015), saya bertemu dengan Mr Toyoda (Presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda) di Jepang. Beliau menyampaikan, akan meningkatkan investasinya di Indonesia. Saya tanya berapa, beliau jawab dilihat saja," ujar Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta Pusat, Rabu 5 September 2018.

Saat Jokowi mengetahui jumlah investasi yang diberikan Toyota, dia terkejut dan senang. "Tadi saya sudah dapat laporan dari Pak Warih (Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Dalam dua setengah tahun ini, investasinya telah mencapai Rp22,7 triliun. Itu adalah jumlah yang besar," tuturnya.

Mau Beli Avanza atau Veloz Bekas, Segini Harga dan Pajak Tahunannya

Melihat peminat mobil Toyota di luar negeri yang cukup besar, Jokowi pun ingin melobi kembali bos besar Toyota tersebut, untuk meningkatkan nilai investasinya dari dua tahun yang lalu. Karena, dia tidak mau Indonesia sampai kalah dengan Thailand dalam hal industri otomotif.

"Ini akan saya terus targetkan. Nanti saya akan ke Jepang lagi, bertemu Toyoda. Yang pertama mengucapkan terima kasih, dan yang kedua saya ingin tambah lagi (investasi). Kita tidak mau kalah dengan yang namanya Thailand, enggak mau," ungkapnya.

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas
Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024