Kucurkan Dana Triliunan, Toyota Mau Bangun Pabrik Mobil Listrik di RI?

Mobil Toyota Buatan Indonesia siap di Eksport ke Luar Negeri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Pabrik mobil Toyota di Tanah Air yang dikelola PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendapat kucuran dana hingga puluhan triliun rupiah dari pihak principal.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Jumlahnya sekira Rp22,7 triliun dalam 2,5 tahun ke depan. Walau demikian, belum diketahui secara jelas apakah investasi tersebut digunakan sebagai pembangunan mobil listrik atau tidak.

Yang pasti, Presiden Indonesia Joko Widodo menyatakan apresiasinya. Apalagi
investasi tersebut seiring dengan fokus pemerintah memperkuat ekonomi Indonesia.

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

“Saya sangat apresiasi investasi yang diberikan Toyota Motor, setelah itu kami akan mulai jangkauan ke depannya bergerak ke mobil listrik,” ujar Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Seperti diketahui, tahun ini Toyota menargetkan dapat mengekspor hingga 217 ribu unit kendaraan. Angka itu menjadi angka yang cukup besar. Toyota sendiri mengaku komitmen akan mendorong kebutuhan pasar ekspor dan terus memasukan investasi demi pengembangan pabrik.

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Menurut Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, terhitung dari 2015 sampai 2019, nilai investasi yang sudah dikucurkan principal mereka mencapai Rp22,9 triliun. Dana tersebut paling besar digunakan untuk pembangunan pabrik plan tiga di Karawang, untuk memproduksi mesin tipe NR.

Saat disinggung apakah dana yang ada sekarang juga digunakan sebagai pembangunan pabrik mobil listrik di RI, Warih masih enggan berkomentar banyak. “Untuk rencananya kata Pak Presiden kan nanti,” tuturnya.

BYD Sea Lion 07

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Pabrikan asal China, Build Your Dreams (BYD) merilis foto-foto interior resmi dari mobil listrik Sea Lion 07, sebuah SUV yang dikabarkan bakal bersaing dengan Tesla model

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024