Impor Mobil Mahal Disetop, Ini Reaksi BMW dan Mercy

Mercedes-Benz GLS 400 AMG Line di GIIAS 2018, Booth Mercedes-Benz
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berniat menghentikan sementara impor mobil mewah dengan kapasitas mesin di atas 3.000 cc. Hal ini untuk mengurangi defisit neraca perdagangan dan memerbaiki nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Menanggapi hal tersebut, Deputy Director Sales Operation and Product Management Mercedes-Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, kebijakan tersebut belum memiliki dampak terhadap Mercedes-Benz di Indonesia, lantaran sudah memiliki pabrik perakitan di Bogor, Jawa Barat.

"Mobil Mercedes-Benz 85 persen dirakit di sini, 15 persen yang diimpor. Kendaraan CBU (completely built-up) merupakan pelengkap saja dalam portofolio produk kami," ujar Kariyanto saat dihubungi VIVA, Kamis 6 September 2018.

Mengenaskan, Ini Penampakan Mobil-mobil Mewah Terendam Banjir di Dubai

Hal senada disampaikan Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania. Ia menjelaskan, pembatasan impor untuk mobil mewah belum akan berdampak bagi BMW Group Indonesia, karena sudah ada deretan produk yang dirakit lokal.

BMW 730Li rakitan dalam negeri.

Youtuber Bobon Santoso Mau Jual Alphard Demi Kasih Makan Orang Papua

"Sampai saat ini, ada enam model yang dirakit lokal. Lebih dari 80 persen kendaraan BMW yang dijual di Indonesia merupakan rakitan lokal," kata Jodie di Sunter, Jakarta Utara, Kamis 6 September 2018.

Selain itu, kata Jodie, mobil bemesin 3.000 cc ke atas yang dijual BMW di Indonesia hanya satu model, yakni M5, dan jumlahnya terbatas.

Mobil Jeep Rubicon yang digunakan tersangka Mario Dandy menganiaya anak pengurus GP Ansor, David

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kejari Jaksel) mengumumkan lelang mobil Jeep Rubicon Wrangler milik Mario Dandy. Harga limitnya Rp809 juta, gimana spesifikasi mobilnya?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024