Lebih Berat 20 Kg, Ini Konsumsi BBM Honda Brio Baru

Honda All New Brio di GIIAS 2018
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – PT Honda Prospect Motor telah meluncurkan Brio terbaru pada Agustus 2018. Mobil ini hadir dengan beragam perubahan mulai dari bagian eksterior serta interior. 

Terpopuler: Harga Plus Pajak Tahunan Mobil Bekas Honda Brio dan Daihatsu Xenia

Large Project Leader All New Brio Honda R&D Asia Pacific Co,Ltd, Tsutomo Harano mengatakan, generasi terbaru Brio itu dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna di Tanah Air. 

"Konsumen di Indonesia meminta ruang bagasi yang lebih luas dan kabin nyaman, maka kami berikan di All New Brio," kata Harano di Jakarta, Rabu 12 September 2018. 

Cari Honda Brio Bekas? Ini Daftar Harga dan Pajak Tahunannya

Ia menegaskan, mobil perkotaan tersebut memiliki bodi baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Meski lebih lega, bodi baru Honda Brio memiliki bobot lebih berat 5 kilogram dibandingkan model sebelumnya.

All New Honda Brio 2018

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

"Bobotnya bertambah 5 kilogram dari body frame saja. Secara keseluruhan itu 20 kilogram lebih berat pada Brio ini (All New) dibandingkan model sebelumnya," ujar dia.

Pada sektor mesin, kata dia, Honda masih menggunakan mesin yang sama dengan Brio lama, dengan pilihan transmisi manual maupun otomatis dengan CVT. 

Ia mengklaim konsumsi bahan bakar minyak atau BBM terbilang irit meski bobotnya lebih berat dari generasi sebelumnya. Untuk Brio terbaru transmisi manual 20,1 kilometer per liter, sementara yang menggunakan transmisi CVT 20,3 kilometer per liter.

"Yang membuat boros itu salah satunya itu tahanan udara. Untuk itu modelnya All New Brio didesain sedemikian rupa supaya lebih aerodinamis, kemudian di ground clearance itu ada cover di bagian engine. Sehingga konsumsi BBM bisa mencapai angka itu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya