Mau Ubah Honda Brio Lama Seperti Versi Terbaru, Bisakah?

Honda Brio Satya 2014.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA – PT Honda Prospect Motor merilis All new Brio pada Agustus 2018 lalu. Karena mengalami sejumlah penyegaran alias perubahan, Honda pun menaikkan harga jual mobil di segmen city car tersebut.

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Perubahan nampak di bagian eksterior, mulai dari bumper depan, lampu utama, grill, kap mesin, bumper belakang, lampu belakang, sampai kaca bagasi berubah. Selain itu, Brio generasi kedua juga memiliki dimensi lebih panjang, hingga bagasinya menjadi lebih luas.

Lantas bagi yang memiliki Brio versi lawas, apakah bisa menyulapnya menjadi bertampilan Brio lawas bisa disulap menjadi versi terbaru?

Akibat Lawan Arah, Sopir Honda Brio Dipaksa Mundur Pengguna Jalan Lain

Service Advisor Bengkel Honda Pondok Indah, Jakarta Selatan, Ali mengatakan, karena banyak perubahan dan melibatkan struktur framenya, maka part bodi tak bisa plug and play seperti Brio generasi pertama menjadi facelift.

Hal ini karena tiap pilar All new Brio juga berubah, mulai dari depan samp[ai belakang.

Ugal-ugalan di Jalan, Pengemudi Brio Tabrak Polisi di Banjarmasin

“Belakang enggak bisa kaca bagasi, rearlamp, dan bumper pakai model terbaru. Karena potongan pilar D tidak sama dengan generasi pertama. Kecuali depan bisa diakalin bumper, grill dan lampunya,” ujarnya kepada VIVA di Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin 17 September 2018.

Dia mengatakan, untuk saat ini agen pemegang merek Honda tersebut belum memasok spare parts Brio generasi kedua ke bengkel, sehingga belum bisa memberi gambaran daftar harganya. Tetapi, kata dia, karena headlamp dan bumper depan modelnya mirip dengan Mobilio, dikatakan memiliki harga beda-beda tipis.

“Untuk harga lampu Brio baru harusnya mirip Mobilio Rp1,184 juta sudah termasuk bohlam. Sedangkan harga bumper Rp1,2 jutaan dan grill Rp1,5 juta belum termasuk foglamp, hanya covernya saja,” sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya