Digebuk Dolar, Penjual Jaguar Land Rover di RI Kian Tertekan

Program VIP Service Card untuk pemilik Jaguar-Land Rover
Sumber :
  • Dokumentasi PT. Grand Auto Dinamika (GAD)

VIVA – Nilai tukar mata rupiah masih melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini tentu berpengaruh pada sektor otomotif, khususnya pada penjualan mobil-mobil mewah untuk orang kaya.

Rupiah Sentuh Rp 16.200 per Dolar AS, Begini Prediksi Terbaru Astronacci

Melemahnya rupiah terhadap dolar AS dirasakan langsung oleh Wahana Auto Ekamarga sebagai perwakilan resmi Jaguar Land Rover di Tanah Air. Sebab, baik produk mobil Jaguar maupun Land Rover, diimpor utuh alias CBU dari luar negeri.

Chief Operating Officer Wahana Auto Ekamarga, Roland Staehler mengatakan, kondisi saat ini cukup berimbas pada penjualan mobil mewah impor, termasuk dari Jaguar Land Rover.

Rupiah Terperosok ke Rp 16.270 per Dolar AS

"Sebenarnya kami sudah pernah menaikkan harga jual mobil Jaguar dan Land Rover. Untuk beberapa model memang ada penurunan dan nilai tukar, ini memang memberikan tekanan," kata Roland kepada VIVA, Selasa 18 September 2018.

Roland mengatakan, pihaknya terpaksa menaikan harga jual mobil-mobil mewah merek Inggris tersebut di Indonesia. Meski demikian, Roland enggan menyebut secara rinci seberapa besar kenaikan dan pada model mobil apa saja kebijakan tersebut dilakukan.

Rupiah Sentuh Rp 16.128 per Dolar AS, Airlangga: Sedikit Lebih Baik dari Malaysia dan China 

"Kami sudah ada dua kali kenaikan harga, terhitung sejak Januari 2018," kata Roland.

Diketahui saat ini mobil-mobil mewah dari merek Jaguar yang dijual di Indonesia antara lain, Jaguar F-PACE, Jaguar XE, dan XF.

Sementara itu, model Land Rover yang ditawarkan untuk penggemarnya di Tanah Air, antara lain Land Rover Discovery Sport, Land Rover Discovery, Range Rover Evoque, Range Rover Velar, Range Rover Sport, dan Range Rover.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya