Masih Gres, Jimny Baru Ringsek Menabrak Tembok

Mobil Konsep Suzuki Jimny di GIIAS 2018, Booth Suzuki
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 yang digelar Agustus lalu, kendaraan yang paling banyak menyita perhatian pengunjung adalah Jimny. Mobil buatan Suzuki itu merupakan generasi ke-4 dari jip ikonik pabrikan asal Jepang tersebut.

Uji Tabrak Mobil Tidak di Kecepatan Tinggi, Ini Alasannya

Sayangnya, Jimny terbaru hanya sekadar dipamerkan saja, tidak untuk dijual. PT Suzuki Indomobil Sales sebagai agen pemegang merek di Tanah Air belum membuka keran pemesanannya.

Berbeda dengan di negara asalnya, mobil yang tersedia dalam dua varian itu sudah habis dipesan konsumen. Bahkan, ada beberapa unit yang juga dikirim ke Eropa.

Penuhi Standar Regulasi, Produksi Mobil Daihatsu Indonesia Berjalan Normal

Dilansir dari Rushlane, Kamis 20 September 2018, unit-unit tersebut hanya beberapa hari saja hadir dalam bentuk utuh. Sebab, tujuan diekspornya Jimny baru adalah untuk diuji tabrak oleh Euro New Car Assessment Program.

Terpopuler Otomotif: Mobil China Diuji Tabrak di Eropa, Review MINI Countryman

Hasil dari uji tabrak itu menunjukkan, mobil bermesin 1.500 cc tersebut kurang bisa melindungi pengemudi. Meski sudah dibekali beberapa kantung udara, namun risiko kepala dan tubuh pengemudi menghantam setir tetap besar.

Sementara, perlindungan pada anak menunjukkan hasil yang sedikit lebih baik. Begitu pula sistem pengaman saat mobil menabrak pejalan kaki.

Dari semua parameter yang didapat, akhirnya Jimny generasi terbaru itu mendapat skor tiga dari lima bintang yang tersedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya