Mobil Esemka Kembali Ramai, Sang Pencetus Merasa 'Dibuang'

Mobil Esemka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA – Setelah sempat lama terpendam, kabar mengenai mobil nasional (mobnas) Esemka kembali muncul. Ya, pemerintah rupanya telah memberikan lampu hijau kepada PT Adiperkasa Citra Esemka Hero selaku produsen Esemka untuk segera melakukan produksi massal.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Kabar yang beredar, tempat produksi massal dari mobil Esemka akan dilakukan di PT Solo Manufaktur Kreasi, Boyolali, Jawa Tengah. Namun hingga saat ini, beberapa pihak yang terkait dengan proyek mobil Esemka itu masih sulit dihubungi untuk dimintai keterangan.

Oleh sebab itu, VIVA mencoba menghubungi Sukiat sebagai pencetus dari mobil Esemka. Namun Sukiat justru memberikan jawaban yang mengejutkan. Meski tercatat sebagai pencetus dari mobil Esemka namun ia mengaku tak lagi dilibatkan dalam proyek Esemka.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

“Saya mulai 2007 bikin prototype sampai 2012, ada sembilan unit. Satu double cabin, satu pickup dan tujuh unit SUV. Sejak itu saya enggak tahu nasib protype Esemka yang saya buat,” katanya kepada VIVA, Rabu 10 Oktober 2018.

Pria yang menciptakan AMMDes (alat mekanis multiguna perdesaan) itu bahkan mengaku tidak tahu Esemka akan segera diproduksi massal. Terlebih soal pabrik bernama PT Solo Manufaktur Kreasi yang digadang-gadang akan jadi tempat produksinya.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

“Mobil yang di bawa ke Solo mulai dari Rajawali, Garuda atau apa lah namanya saya enggak tahu, tapi itu (Esemka) saya yang buat. Saya enggak tahu kenapa tidak dilibatkan. Ya, sudah saya kosentrasi saja di AMMDes saja,” tuturnya.

VIVA Otomotif: Proton Exora

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Berita yang membahas mengenai mobil nasional pesaing Toyota Innova dan cewek naik Yamaha R15 dicari warganet, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2023