Perancang Mobil Pedesaan Akan Bikin SUV

Presiden Joko Widodo meninjau Stan AMMDES di GIIAS 2018
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – Nama Sukiyat menjadi terkenal, setelah ia mencetuskan mobil Esemka beberapa tahun silam. Proyek tersebut kala itu juga mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo, saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Kini, Sukiyat dikenal sebagai pembuat Alat Mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes. Mobil pedesaan racikan Kiat Mahesa Wintor itu langsung diproduksi massal dan mendapat dukungan dari pemerintah.

Setelah mobil pedesaan sukses, KMW berencana menghadirkan mobil penumpang jenis Sport Utility Vehicle atau SUV. Sukiyat mengatakan, membuat mobil penumpang bukan untuk menyaingi Esemka, yang saat ini tidak melibatkan dirinya lagi.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Tujuan membuat mobil penumpang itu, menurutnya, adalah untuk memajukan industri otomotif di Tanah Air, dan membuktikan kalau anak bangsa bisa menciptakan mobil sendiri. Meski butuh proses panjang, dia yakin mobil penumpang merek Mahesa akan ada.

Salah satu bentuk mobil pedesaan

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

“Setelah mobil pedesaan yang saya buat sukses, saya akan membuat mobil penumpang lagi, jenisnya SUV. Saya sudah merencanakan itu, karena saya yang menciptakan Esemka dulu,” ujarnya kepada VIVA, Rabu 10 Oktober 2018.

Ia menjelaskan, membuat mobil itu mudah, jika ada inisiator yang membuat purwarupa dan ada investor untuk mendirikan pabrik.

Sebagai informasi, mobil perdesaan yang ada saat ini memiliki mesin diesel 500 cc dan dapat menghasilkan tenaga 14 daya kuda. Semua tenaganya disalurkan ke roda belakang. Meski dimensinya kecil, alat mekanis ini dapat mengangkut beban hingga 700 kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya