Bangun Pabrik, Ini Daftar Mobil Hyundai yang Bakal Produksi di RI

Deretan Mobil Terbaru di GIIAS 2018, Hyundai Santa Fe
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motor Company resmi mendatangani MOU (Memorandum of Understanding) dengan Pemerintah Indonesia. Hyundai akan berinvestasi besar-besaran untuk membangun pabriknya di Indonesia.

Pabrik Arak Ilegal Terbesar di Malang Digerebek Polisi

Yang menarik, pabrikan mobil berlogo 'H miring' ini akan memproduksi mobil penumpang dari nol, bukan sekadar perakitan. Tidak seperti pabrik milik PT Hyundai Mobil Indonesia yang berada di kawasan Bekasi, Jawa Barat di mana hanya digunakan sebagai perakitan H-1.

"Pabrik yang akan dibuat oleh Hyundai Korea memang full manufaktur dan robotic, bukan sekadar perakitan. Berbeda dengan pabrik HMI di Bekasi, yang memang hanya perakitan untuk H-1," ujar Deputy Marketing Director PT HMI, Hendrik Wiradjaja.

Ada Investasi Mangkrak Rp 149 Triliun Sulit Dieksekusi, Bahlil Ungkap Alasannya

Hendrik mengatakan, untuk model apa yang akan dibuat sebenarnya belum ada informasi detil, tetapi mobil yang akan diproduksi dipastikan jenis penumpang yang sesuai dengan market Indonesia dan negera Asia lainnya, yakni city car, serta Sport Utility Vehicle.

"Ada kemungkinan kami jadi basis produksi ekspor juga, basis untuk ekspor mobil sedan di negara ASEAN yang paling besar market-nya hanya di Malaysia kalau di ASEAN, kalau di Thailand lebih ke SUV dan double cabin, Vietnam city car," tuturnya.

Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia, Jokowi Tegaskan Bentuk Hilirisasi

Sambung dia, untuk jenis sedan, belum ada informasi pasti. "Untuk lokasi sebenarnya sudah ada dalam blue print, tapi saya belum boleh bicara, begitu juga dengan nilai investasinya," sambungnya.

Neta V

Neta Lirik Indonesia Jadi Basis Ekspor Mobil Listrik

Pabrikan otomotif asal Tiongkok, Neta, mengaku serius dan berkomitmen untuk membantu Pemerintah dalam program elektrifikasi nasional. Upaya ini dibuktikan oleh rencana pe

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024