7 Kali Mobil MPV Ini Jadi yang Terlaris di Indonesia

Peluncuran Mitsubishi Xpander
Sumber :
  • VIVA.co.id/Krisna Wicaksono

VIVA – September menjadi catatan kurang baik bagi industri kendaraan bermotor di Indonesia. Angka distribusi dari pabrik ke diler pada bulan ke-9 tahun ini turun 8,8 persen dari bulan sebelumnya.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Meski demikian, mobil keluarga kasta terendah masih menjadi favorit konsumen di Tanah Air. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, sebanyak 20.242 unit low multi purpose vehicle dikirim ke diler-diler pada September 2018.

Bulan sebelumnya, jumlah unit yang dikirim mencapai 22.128 unit. Jika dihitung dari periode Januari-September, maka ada 199.939 unit yang didistribusikan ke ruang pamer mobil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

Sama seperti Agustus, posisi low MPV terlaris di Tanah Air pada September masih dipegang oleh Mitsubishi Xpander. Kendaraan yang mampu menampung tujuh penumpang itu laku 6.276 unit.

Interior Mitsubishi Xpander

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Pada tahun ini, Xpander sudah tujuh kali menempati urutan teratas dalam hal distribusi ke diler. Hanya dua kali mobil berpenampilan sport utility vehicle itu dikalahkan oleh mobil sejuta umat, Toyota Avanza.

6.151 unit Avanza dikirim ke diler pada September tahun ini, menjadikannya mobil keluarga terlaris ke-2. Posisi selanjutnya dihuni oleh Honda Mobilio dengan 2.646 unit, Daihatsu Xenia 1.969 unit dan Suzuki Ertiga dengan 1.727 unit.

Wuling Confero S.

Mobil keluarga merek China, Wuling Confero harus puas di posisi enam, karena hanya membukukan angka 909 unit. Angka tersebut jauh lebih rendah dari bulan sebelumnya, yang tercatat 1.214 unit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya