4 Jenis Mobil Listrik yang Kamu Harus Tahu

Mercedes-Benz Luncurkan Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Di era modern seperti sekarang, kendaraan listrik sebenarnya bukan lagi sesuatu yang baru. Faktanya, teknologi electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik telah dikembangkan sejak tahun 1827. Namun, berbeda dengan sejumlah negara yang sudah lebih dulu memasarkan produk kendaraan listrik, Indonesia bisa dibilang cukup terlambat.

Neta Siapkan Fasilitas Mudik Lebaran untuk Konsumen

Kendaraan listrik memang belum lazim digunakan di Tanah Air karena harganya yang masih mahal, pengecasan baterai yang belum bisa cepat, ketergantungan bahan baku impor untuk komponen baterai dan motor penggerak masih tinggi, hingga infrastruktur stasiun pengisian listrik umum belum memadai dan belum masif.

Selain itu, dibutuhkan waktu peralihan teknologi dari bahan bakar minyak bumi ke energi listrik. Pola berkendara masyarakat juga harus diubah dengan cara mengedukasi mereka soal stigma kendaraan listrik.

PLN Borong 10 Ribu Unit Mobil Listrik BYD

Bagi yang belum tahu, kendaraan listrik menggunakan energi setrum sebagai sumber penggerak. Nah, pada mobil, sumber energi tersebut bisa didapatkan dari empat model. Yaitu Battery Electric Vehicle (BEV), Hybrid yang terbagi menjadi dua: Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electriv Vehicle (PHEV), serta Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV).

Lalu, apa perbedaan dari keempat model tersebut, dan apa saja mobil listrik yang saat ini tersedia di pasaran? Simak infografik berikut ini.

Mobil Listrik BYD Harganya Lebih Murah dari Toyota Corolla Bekas
BYD Yuan UP

Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan Tersedia di Diler

BYD sebagai raksasa otomotif asal Tiongkok, bersiap menggemparkan pasar mobil listrik dengan meluncurkan Yuan UP, anggota baru dari seri Dynasty. Model baru ini akan debu

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024