Suzuki Siapkan 3 Mobil Listrik untuk Indonesia

Suzuki Swift Hybrid
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Era mobil ramah lingkungan semakin dekat. Setiap negara berlomba-lomba menjual kendaraan listrik, untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan mesin berbahan bakar. Begitu juga dengan rencana pemerintah Indonesia.

Mobil Baru BYD Rp160 Jutaan Tersedia di Diler

Susunan Peraturan Presiden terkait kendaraan listrik sudah diselesaikan Kementerian Perindustrian, sekarang tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

Direktur Marketing PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda empat, Donny Saputra mengatakan, pasar paling besar di Indonesia adalah mobil keluarga tiga baris, dan kendaraan dengan harga yang di bawah Rp200 juta seperti city car.

Neta Siapkan Fasilitas Mudik Lebaran untuk Konsumen

Jadi, permasalahannya saat ini adalah bagaimana teknologi hybrid dan listrik itu diaplikasikan ke dua jenis mobil tersebut.

Ertiga diesel hybrid di sela peluncuran.

PLN Borong 10 Ribu Unit Mobil Listrik BYD

Kata Donny, saat ini di India sudah dilakukan pengetesan Karimum Wagon R listrik, dan Suzuki sudah memiliki banyak teknologi ramah lingkungan. Jadi, mereka saat ini sedang menunggu aturan yang sesuai dengan kecanggihan yang dimiliki.

"Kami punya banyak kandidat, Ertiga diesel Hybrid, Swift Hybrid dan Karimun elektrik murni," ujarnya di Cikarang, Jawa Barat, Senin 22 Oktober 2018.

Bahkan, mobil listrik atau hibrida Suzuki sudah direncanakan untuk produksi lokal. Seperti yang disampaikan Presiden Direktur SIS, Seiji Itayama.

"Harus menunggu putusan terakhir dari pemerintah untuk melokalisasikan mobil listrik. Kami siap," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya