Ini Rahasia di Balik Kelincahan Honda Brio Baru

Test Drive All New Honda Brio
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Honda melakukan banyak ubahan pada Brio baru. Mobil mungil yang masuk dalam dua segmen, low cost green car dan city car tersebut kini tampil lebih modern dan bergaya.

Ugal-ugalan di Jalan, Pengemudi Brio Tabrak Polisi di Banjarmasin

Ciri khas kaca datar pada pintu belakang hilang, digantikan bentuk cembung dan berukuran lebih kecil. Namun, Honda menambahkan tombol pembuka pintu bagasi.

Tak hanya itu, mereka juga menambah jarak sumbu roda sebanyak 60 milimeter, sehingga ruang kaki penumpang belakang menjadi lega.

Honda Brio dan Kijang Innova Kalah Laku dari Mobil Ini

Adanya ubahan tersebut awalnya diprediksi membuat kelincahan mobil menjadi berkurang, terutama saat dipakai bermanuver. Namun ternyata, hasilnya justru sebaliknya.

Test Drive All New Honda Brio

Daftar Mobil Murah di IIMS 2024, Harga Rp100 Jutaan

Berdasarkan pengujian VIVA, pengendalian mobil tidak berbeda dari Brio generasi awal. Berbelok di ruang yang sempit saat hendak parkir tetap mudah, sama seperti saat mendahului kendaraan lain di jalan raya.

Large Project Leader All New Honda Brio, Honda Research and Development Asia Pacific, Tsutomu Harano menjelaskan, ada ubahan pada kaki-kaki mobil mungil tersebut.

“Dengan dimensi yang lebih panjang, tentu ada ubahan agar selain stabil, Brio baru juga bisa lincah dan memberikan kenyamanan,” ujarnya belum lama ini.

Ubahan yang dimaksud Harano yakni penambahan sistem kestabilan, serta mengubah pengaturan suspensi dan setir.

All New Honda Brio

“Ditambahkan stabilizer, diameternya lebih besar. Ada pengaturan baru di suspensinya, dengan penggunaan damper dan pegas yang baru,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya