- Manut
VIVA – Memperkenalkan produk baru bisa dilakukan dengan cara memasang iklan. Ini yang dilakukan oleh banyak agen pemegang merek kendaraan bermotor di Indonesia.
Berdasarkan data dari PT Sigi Kaca Pariwara, belanja iklan otomotif dalam periode kuartal III-2018 mengalami peningkatan sebesar 26,72 persen dibandingkan medio yang sama tahun lalu. Tahun ini, belanja iklan otomotif mencapai Rp488,52 miliar, sementara pada kuartal III-2017 hanya tercatat
Rp385,52 miliar.
Merek otomotif Mitsubishi Motors tercatat paling banyak menggelontorkan dana untuk memasang iklan. Guna memperkenalkan mobil baru Xpander kepada publik, Mitsubishi melakukan belanja iklan Rp105,45 miliar.
Pada kuartal III-2017 merek ini juga masuk dalam Top10 brand otomotif dengan belanja iklan terbanyak dengan total Rp39,60 miliar.
Untuk sepeda motor, merek Yamaha juga masuk ke dalam 10 merek otomotif dengan belanja iklan terbesar. Pada Kuartal III-2018, Yamaha menggelontorkan dana Rp90,42 miliar.
Merek otomotif yang juga bertahan dalam Top10 adalah Wuling Motors. Total belanja iklan merek otomotif China tersebut tercatat mencapai Rp39,48 miliar. Angka ini turun sebesar 40,76 persen dari total belanja iklannya pada kuartal III tahun lalu yang mencapai Rp66,64 miliar.