Tak Cuma Pesawat, Angkutan Umum Juga Bakal Dilengkapi Black Box

Terminal bus.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Kecelakaan di jalan raya bisa terjadi pada semua jenis kendaraan bermotor, termasuk bus maupun truk. Melihat kondisi ini, Kementerian Perhubungan berencana memasang alat semacam Black Box untuk meminimalisir kejadian tersebut.

Detik-detik Mencekam Kecelakaan Maut Bus Kader Hanura di Tol Ngawi

Direktur Angkutan dan Multimoda Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan, untuk tahap awal pemasangan GPS dan Black Box difokuskan untuk kendaraan angkut besar, baik bus maupun truk.

"Kalau saya prioritasnya kendaraan yang besar dulu, seperti bus dan angkutan B3, (bahan berbahaya dan beracun). Bus termasuk di dalamnya yang umum maupun pariwisata," kata Yani kepada VIVA, Selasa 30 Oktober 2018.

Kronologi Bus Rombongan Hanura Terguling di Tol Ngawi Usai Kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

Nantinya, kata Ahmad Yani, kewajiban untuk memasang alat Black Box juga akan ditetapkan untuk angkutan umum kecil. Pemasangan GPS dan Black Box tersebut, kata dia, berkaitan juga dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Pemenhub) Nomor 85 mengenai Sistem Manajemen Keselamatan (SMK).

Sehingga diharapkan angkutan penumpang maupun barang, baik berukuran kecil maupun besar bisa diawasi aktivitas dan informasi dari kendaraan maupun cara pengemudi mengoperasikan kendaraannya.

Bus New Shantika Terjun Bebas dari Tol Trans Jawa di KM 320 Pemalang

"Untuk angkutan umum kecil akan dilaksanakan kemudian. Kami lakukan bertahap," ujarnya.

Evakuasi pilot pesawat Smart Air yang jatuh di Kaltara

5 Fakta Jatuhnya Pesawat Smart Aviation di Nunukan Kalimantan Utara

Sebelumnya dikabarkan pesawat Smart Aviation tujuan Tarakan-Binuang hilang kontak dan terjatuh di Kabupaten Nunukan.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024