Tujuan Angkutan Umum dan Bus Bakal Dipasangi Black Box

Angkutan bus di Terminal Induk Bekasi, Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Black box merupakan sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi. Biasanya, black box dipasang di pesawat terbang untuk merekam data penerbangan. 

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Tak hanya di pesawat terbang, nantinya Kementerian Perhubungan berencana memasang global positioning system dan black box pada kendaraan angkut penumpang dan barang umum. Pada tahap awal, black box akan dipasang pada angkutan besar. 

Direktur Angkutan dan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Ahmad Yani mengatakan, alat tersebut dipakai untuk merekam aktivitas kendaraan umum tersebut.

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

"Jelas untuk mencegah kecelakaan, agar para pengusaha tahu juga ulah pengemudi, caranya dia mengendarai kendaraan tersebut, ngebut atau enggak dan lainnya," kata Ahmad Yani kepada VIVA.

Saat ini, kata dia, sudah ada perusahaan oto bus yang memanfaatkan alat ini. Namun, nantinya akan ditetapkan pada semua kendaraan umum, baik bus umum maupun bus pariwisata. 

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

"Nanti ada punishmen kalau ngebut atau membahayakan, masih dalam pembahasan," ujar dia.

Polisi saat melakukan penyelidikan dilokasi kejadian

Tukang Ojek dan Supir Angkut Umum Dianiaya Orang Tak Dikenal di Paniai Papua Tengah

Seorang supir angkutan umum dan tukang ojek dianiaya oleh orang tak dikenal (OTK) di Jalan Poros Madi-Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, pada hari Minggu, 21 Apri

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024