Jokowi Munculkan Esemka, Ridwan Kamil Punya 'Ide Liar' soal Mobil Desa

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Beberapa tahun lalu Presiden Joko Widodo nampak total memperjuangkan Esemka, mobil bercita rasa nasional. Kini setelah beberapa tahun jalan, Esemka bersiap melakukan debutnya walau menggandeng beberapa jenama kenamaan.

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Kini giliran Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang mengaku punya ide eksentrik soal mobil untuk masyarakat di pedesaan. Jika pemerintah sedang mempersiapkan mobil pedesaan dengan fungsi sebagai kendaraan angkut bahan pertanian dan perkebunan, atau sebagai alat penggiling beras, maka Kang Emil punya ide lebih liar.

Ide soal mobil yang diberi nama Mobil Siaga Desa, diunggah ke media sosial Instagram miliknya. Gambar yang diunggah di akun Instagram resmi @ridwankamil memperlihatkan sketsa kasar Mobil Siaga Desa yang merupakan kendaraan serbaguna, dan bisa menjadi empat wujud, serta punya fungsi berbeda-beda.

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

"Mobil Siaga Desa sedang dikonsep untuk dipakai para Kepala di Desa Jawa Barat," demikian seperti tertulis di Instagram @ridwankamil.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Sketsa Mobil Siaga Desa ala Ridwan Kamil versi A, bisa dipakai sebagai mobil panggung untuk pidato maupun hajatan warga. Mobil juga diimajinasikan bisa berubah untuk Versi B, yang berfungsi sebagai alat angkut pertanian.

Jika sudah bosan atau ada keperluan lainnya, Mobil Siaga Desa bisa disulap menjadi versi C dan D. Versi ketiga dari kendaraan tersebut memiliki fungsi sebagai mobil jenazah maupun ambulans untuk mengantar orang sakit. Sementara versi terakhir, bisa menjadi pusat hiburan rakyat untuk memutar layar tancap dan sebagainya.

"Mobil serbaguna ala The Transformers ini nanti oleh Kepala Desa bisa dipinjamkan kepada Warga untuk hajatan, ngangkut warga yang sakit atau meninggal, atau bisa dipinjam mengangkut hasil pertanian, atau jadi mobile library atau jadi layar tancap untuk nonton bola dan lain-lain," tulis akun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya