Ini Permintaan Produsen Truk soal BBM Biodiesel

Dirut Pertamina Sidak Penggunaan B20
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Setelah menerapkan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan penumpang yang diproduksi di pabrikan otomotif Tanah Air,  pemerintah berniat membuat aturan yang sama bagi kendaraan niaga seperti bus dan truk.

Bus dan Truk Baru Hino Kini Lebih Ramah Lingkungan

Menanggapi hal itu, Santiko Wardoyo sebagai direktur Sales dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia, mengaku siap mengaplikasikan sistem Euro 4 pada seluruh produknya. 

Meski demikian, produsen asal Jepang itu menegaskan, penyediaan bahan bakar yang layak merupakan kewajiban yang harus dipenuhi pemerintah, apabila peraturan Euro 4 sudah berjalan bagi kendaraan niaga.

Hino Beri Sinyal akan Memproduksi Truk dan Bus Listrik di RI

"Lini produk akan ada penyesuaian di mesin. Kami sedang melakukan pembicaraan masalah bahan bakar, Euro 4 bagaimana. Indonesia luas sekali, sanggup enggak dalam waktu bersamaan semua disuplai bahan bakarnya. Truk jalannya antar kota antar provinsi, antar pulau," kata Santiko di Tangerang, Rabu 14 November 2018.

Pekerja melakukan proses pengisian Biodiesel 20 Persen (B20) ke truk tanki di TBBM Kabil, Batam, Kepulauan Riau

Enaknya Jadi Sopir Bus dan Truk Hino

Selain itu, Santiko juga mengatakan, bahan bakar untuk diesel diharapkan tidak hanya berhenti pada B20. Targetnya, pada 2025 BBM diesel B30 sudah bisa diaplikasikan pada kendaraan niaga.

"2025 mungkin ada B30. Bahkan, katanya mau lebih lagi. Saya belum bisa jawab Euro 4 dengan B20 cocok atau tidak," ujarnya.

Hino luncurkan truk dan bus berstandar emisi Euro 4

Bus dan Truk Hino Lebih Maksimal Pakai BBM Ini

Agar pengurangan emisi gas buang yang dihasilkan mesin Hino jadi maksimal, disarankan menggunakan solar dengan spesifikasi khusus.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022