Adu Hebat Ertiga Buatan Indonesia dan India, Siapa Menang?

Ertiga terbaru di GIIAS 2018.
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Suzuki Ertiga memang telah menjadi produk global meski Indonesia menjadi negara pertama yang memproduksinya secara massal. Selain di tanah air, mobil keluarga terlaris Suzuki ini juga menjadi produk unggulan di beberapa negara termasuk di India.

Jangan Anggap Sepele, Pentingnya Cek Kaki-Kaki Mobil

Ya, selain Indonesia, negeri Hindustan ini memang punya peran penting dengan kelahiran Suzuki Ertiga. Desain mobil MPV ini lahir berkat kerja keras dan rekayasa insinyur-insinyur muda Maruti Suzuki India pada 2010 silam. Kini Ertiga terbaru juga segera hadir di India.

Setelah Indonesia lebih dulu menghadirkan Ertiga facelift, kini giliran India yang bakal memperkenalkannya. Namun seperti dilansir Motorbeam, Rabu 21 November 2018, ada beberapa perbedaan yang mencolok dari Ertiga buatan Indonesia dengan yang diproduksi di India.

Gak Nyangka, Ini Keuntungan Beli Mobil Suzuki Jelang Akhir Tahun

Ertiga generasi kedua ini akan diluncurkan di India hari ini dan kini spesifikasinya telah terungkap. Dari spesifikasi yang muncul di media-media India, ternyata Ertiga buatan India punya banyak keunggulan dibanding Ertiga buatan Indonesia. Apa saja itu?

Menghadirkan banyak upgrade, Ertiga terbaru di India tentu punya banyak pilihan mesin yakni mesin diesel 1,3 liter dan mesin bensin 1,5 liter. Menariknya, mesin Ertiga terbaru ini semuanya juga telah ditanami teknologi Smart Hybrid Vehicle System (SHVS) yang tentu akan membuat semakin irit.

Mobil Baru Rakitan Dalam Negeri Siap Meluncur Tahun Ini

Untuk pilihan mesin bensin dengan teknologi SHVS ini menjadi yang kali pertama. Ertiga terbaru dengan mesin bensin ini akan menggunakan dua baterai yang sama seperti ditanamkan pada sedan Ciaz terbarunya.

Baterai konvensional akan fokus menjadi sumber tenaga kendaraan dan digunakan untuk teknologi idle start-stop. Sedangkan baterai tambahan yang akan diletakan di bawah jok penumpang digunakan untuk mendukung torque assist.

Sedangkan untuk pilihan mesin dieselnya akan tetap menggunakan single baterai dengan sistem SHVS seperti model sebelumnya.

Lalu bagaimana tingkat konsumsi bahan bakarnya? Dengan platform baru Heartect, Ertiga terbaru di India ini juga akan punya bobot yang lebih ringan sekitar 10 hingga 20 kg dibanding model sebelumnya yang tentu akan membuatnya lebih irit.

Menurut hasil tes yang dilakukan, ertiga terbaru dengan mesin bensin mampu menempuh jarak 19.34 km perliter (manual) dan 18.69 km perliter (matik). Sedangkan di model sebelumnya hanya 17.50 km/l (manual) dan 17.03 km/l (matik).

Lalu untuk Ertiga diesel punya konsumsi bahan bakar 25.47 km/l. Sedangkan di model sebelumnya tingkat konsumsi bahan bakarnya 24.52 km/l. Di India sendiri, Ertiga masuk dalam kelas premium dan bakal bersaing dengan Mahindra Marazzo dan Honda BR-V.

Sebagai catatan, untuk Ertiga mesin bensin yang diluncurkan di Indonesia untuk transmisi manual mencapai 18,09 km per liter. Sedangkan transmisi otomatis 16,73 km per liter. Catatan ini berdasarkan tes yang dilakukan Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya