Mobil Buatan Isuzu Indonesia Bisa Diisi Bahan Bakar Jenis Baru

Ilustrasi Isuzu
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Penerapan bahan bakar biodiesel B20 diresmikan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada 1 September 2018. Meski baru berumur jagung, ternyata mereka sudah punya rencana lain.

Petrus: Biodiesel Jadi Pengganti Bahan Bakar Fosil pada 2045

Pemerintah akan meningkatkan campuran bahan bakar nabati, yang awalnya hanya 20 persen menjadi 30 persen. Peningkatan bahan bakar biodiesel menjadi B30 dilakukan, agar standar emisinya naik kelas jadi Euro4. Tidak seperti B20 yang masih menganut Euro2.

Seperti yang disampaikan Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika. Dia mengatakan, persiapan pengujian B30 sudah sekitar 80-90 persen.

Menko Airlangga Bantah Mendag Zulhas soal Program B35 Bikin MinyaKita Langka

"Kami juga harus dengarkan berbagai pihak. Kalau Desember 2018, agendanya padat. Kami akan mulai Januari 2019," ujarnya di Jakarta, Rabu 28 November 2018.

Untuk melakukan pengujian bahan bakar tersebut, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menawarkan mobil penumpang dan komersialnya sebagai 'kelinci percobaan'. Sebab, ketika road test B20 bersama pemerintah, produsen mobil Isuzu itu tidak ikut serta.

Program B35 Diterapkan 1 Februari 2023, Pertamina Terima 9,9 Juta Kiloliter

Menurut General Manager Marketing IAMI, Attias Asril, mobil Isuzu bermesin diesel enam silinder dan empat silinder dengan teknologi common rail sudah berstandar Euro4.

"Sedang kami bicarakan. Tadinya, (penyerahan mobil untuk pemerintah) basisnya komersial. Tapi, kelihatannya fokus dulu untuk mobil penumpang," tutur Attias.

Prabowo Subianto

Prabowo Bertekad Kembangkan Energi Baru Terbarukan, Energy Watch Bilang Begini

Energy watch merespons soal Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang bertekad untuk mengembangkan energi hijau atau energi baru dan terbarukan.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024